Pilkada Serentak, Sekjen PDIP: Rakyat Merdeka Pilih Pemimpin

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto.
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Sekretaris Jenderal PDI P, Hasto Kristiyanto kembali mengingatkan pentingnya cara meraih kekuasaan lewat cara-cara beradab. Pada pelaksanaan Pilkada serentak 2018 hari ini, rakyat harus menjadi penentu untuk memilih pemimpinnya di bilik suara. 

Hasto Usul Kasus Connie Bakrie Disetop, Minta Aparat Fokus Usut Korupsi Tambang

"Dan dalam memperoleh kekuasaan itu, rakyatlah yang berdaulat. Rakyat merdeka di dalam memilih pemimpinnya," kata Hasto, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 27 Juni 2018. 

Hasto prihatin banyak temuan dari partainya, Pilkada serentak justru dimanfaatkan oknum ingin meraih kekuasaan dengan berbagai cara. Di antaranya memanipulasi daftar pemilih tetap, politik uang hingga netralitas penyelenggara pemilu. 

Gibran Singgung Hasto yang Halangi Pertemuan Megawati-Jokowi

"Ambisi orang per orang dan kelompok menjadi begitu dominan, dan merusak keadaban politik kita, sampai ada tokoh nasional berbicara tentang identitas pemimpin hanya dari air minumnya dari mana, dan makan daging dari mana, kamu sukunya apa," katanya.

Kalah atau menang dalam pemilihan lima tahunan ini, menurut Hasto, bukan berarti kiamatnya demokrasi. Semua pihak diminta memperjuangkan demokrasi yang berkualitas atas dasar aspirasi rakyat. 

Sekjen PDIP Ungkap Bupati Banyuwangi Diintimidasi yang "Diawali dengan Cerita Politik"

"Sebaiknya, semua pihak memerjuangkan kualitas demokrasi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Jangan pernah memprovokasi rakyat dengan pemikiran sempit, apalagi kerdil," ujarnya. (mus)

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto

Hasto PDIP Jawab Tudingan Jadi Penghambat Pertemuan Jokowi-Megawati

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto merespons pernyataan Ketua Joman Noel yang menyebut dirinya sebagai penghambat pertemuan antara Megawati dengan Jokowi dan Prabowo

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024