Khofifah Cerita Masa-masa Kompak dengan Gus Ipul

Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa menunjukkan surat suara Pilgub Jatim
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA – Calon Gubernur Jawa Timur yang menang versi quick count, Khofifah Indar Parawansa, berharap hubungannya dengan pesaingnya, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, tidak renggang hanya gara-gara rivalitas pemilihan kepala daerah. Khofifah mengaku sudah bersahabat lama dengan Gus Ipul sejak sama-sama berproses di Jakarta. 

Airlangga Tugaskan RK Maju Pilkada Jakarta, Bobby di Sumut dan Khofifah Jatim

Khofifah menjawab diplomatis ketika ditanya apakah dihubungi atau menghubungi Gus Ipul melalui telepon genggam pasca menang Pilgub Jatim versi quick count. "Saya tidak setiap saat pegang handphone," katanya di rumahnya, Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis, 28 Juni 2018. 

Khofifah lantas bercerita masa-masa akrab saat bersama Gus Ipul dan kader Nahdlatul Ulama lainnya berproses di Jakarta. Khofifah mengaku jalinan persaudaraan sudah lama terbangun dengan Gus Ipul.

Gerindra Tak Masalah PDIP Gabung Usung Khofifah di Pilgub Jatim, Ada Tapinya

"Dulu kami ini persaudaraannya luar biasa. Tanya, ya, Gus Ipul, dulu hampir setiap minggu tiga kali beliau mampir ke kantor Muslimat. Kami makan bersama sekadar makan nasi bungkus tapi bareng-bareng. Nah, setelah ada kontestasi Pilkada, rasanya berjarak." ujarnya

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Khofifah dan Gus Ipul memang sama-sama memulai proses politiknya di Jakarta. Di NU, Khofifah menjadi Ketua Umum Muslimat pertama kali pada periode 2000-2005. Pada periode yang sama, Gus Ipul menjadi Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor. 

Tepis Isu Cak Imin Maju di Pilgub Jatim, Elite PKB Sebut Ada Tempat yang Lebih Mulia

Keduanya juga dikenal kader tulen Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Saat Presiden RI Keempat itu memimpin Partai Kebangkitan Bangsa, Khofifah dan Gus Ipul pindah partai dan bergabung dengan PKB. Sejak 1999 sampai 2006, Khofifah jadi legislator mewakili PKB. Adapun Gus Ipul terpilih sebagai Sekretaris Jenderal PKB pada 2002.

Khofifah mengaku dengan senang hati membuka pintu berkawan seperti dulu dengan Gus Ipul. "Saya dengan suka cita mau kami berkawan seperti dulu, kami bisa makan bareng, kalau dulu seminggu tiga kali mungkin sekarang seminggu sekali. Kalau masih sama-sama sibuk, bisa saja dua minggu sekali," ujar Khofifah. 

Seperti diketahui, Khofifah bersama pasangannya, Emil Dardak, memenangkan kontestasi Pilgub Jatim atas rivalnya Gus Ipul-Puti Guntur versi quick count. Pilkada kali ini adalah pertemuan ketiga kalinya dengan Gus Ipul. Pada Pilkada 2008 dan 2013, Khofifah maju sebagai calon gubernur sementara Gus Ipul calon wakil gubernur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya