Koalisi PKS dan PDIP Cuma Menang di Pilgub Sulawesi Selatan

Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel Nurdin Abdulah (kedua kiri)-Andi Sudirman Sulaiman (kedua kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

VIVA – Koalisi antara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) nyatanya terwujud saat pemilihan kepala daerah serentak 27 Juni 2018 kemarin.

Pidato Wajah dan Fisik di Gelora Bung Karno

Dari data yang dihimpin VIVA, kedua koalisi ini mengusung calonnya saat pemilihan gubernur di 17 provinsi di Indonesia. Di antaranya di Pilgub Jawa Timur yang mengusung pasangan Saifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno. Tak hanya PKS dan PDIP, ada partai lainnya yang mendukung mereka yakni PKB dan Gerindra.

Namun sayang, pasangan dari koalisi ini harus gigit jari karena dalam hitung cepat lembaga survei dan real count KPU, mereka dinyatakan kalah dari pasangan pesaingnya yakni Khofifah dan Emil Dardak.

Softbank Batal Investasi di IKN, Fraksi PKS: Jangan Perbesar APBN

Di daerah lain yakni Sulawesi Selatan, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung PDIP dan PKS yakni Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman ternyata menang versi hitung cepat survei dan real count KPU. Dia mengungguli tiga calon pasangan lainnya. Tak hanya PDIP dan PKS, pasangan calon gubernur dan wagub ini juga ikut diusung PAN.

Sementara itu, koalisi PDIP dan PKS juga mengusung cagub dan cawagub di Sulawesi Tenggara. Namun sayang pasangan yang diusung mereka kalah menurut real count KPU. Pasangan Asrun-Huga ini juga didukung PAN, Gerindra, dan Hanura.

Kelompok tari yang membawakan tarian untuk mendukung PDIP (13/6). Sumber : Hendra Simbolon

Analisis Komunikasi Politik dalam Rencana Pertemuan Prabowo dengan Megawati

Wacana Pertemuan antar Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri akan segera dilaksanakan.

img_title
VIVA.co.id
17 Juli 2023