PAN: Banyak yang Mendorong Amien Rais Bersedia Dicalonkan

Deklarasi Amien Rais Capres 2019.
Sumber :
  • Eduward Ambarita/VIVA.co.id

VIVA – Koalisi Umat Madani atau KUM mendeklarasikan Amien Rais menjadi calon presiden di 2019. Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional, Saleh Partaonan Daulay, menjelaskan, dorongan kepada Amien itu memang banyak berasal dari pihak eksternal.

Rektor Pakuan: Klaim Menang Pilpres 2019 Agar Disikapi Hati-hati

"Usulan berbagai kalangan itulah kemudian yang disampaikan di tingkat internal PAN. Oleh pimpinan dan pengurus DPP PAN, menyambut dengan baik. Semua mendorong agar Pak Amien bersedia untuk dicapreskan," kata Saleh ketika dikonfirmasi, Senin 2 Juli 2018.

Menurut Saleh, seiring dengan itu, juga diperkenalkan empat orang nama kader terbaik PAN yang dinilai layak menjadi capres atau cawapres. Mereka katanya, yakni Zulkifli Hasan, Soetrisno Bachir, Hatta Rajasa, dan Amien Rais.

PKB Mengadu ke KPU Lamongan

"Atas usulan ini, masyarakat dipersilakan untuk memberikan saran dan masukan," ujar Saleh.

Mengenai deklarasi KUM, menurut Saleh, itu pasti akan menjadi referensi penting bagi partainya dalam menentukan langkah politik untuk menyongsong pilpres nanti.

Duh, Kantor Jurdil2019.org Diintai Orang Tak Dikenal

"Kami sangat mengapresiasi deklarasi Koalisi Umat Madani yang meminta Pak Amien bersedia untuk dicapreskan," kata Saleh.

Sebelumnya, dengan diketuai Letjen (Purn) Syarwan Hamid, deklarasi ini disebut sebagai tindak lanjut untuk menyikapi situasi politik dan ekonomi terkini. Adapun situasi politik dan ekonomi dimaksud ialah kekhawatiran akan kedaulatan negara yang dikendalikan asing.

"Refleksi dinamika politik itu membangkitkan kesadaran kami, sehingga secara bersama-sama dengan para tokoh dan cendekiawan mengadakan deklarasi," kata Syarwan, saat menyatakan deklarasi di Jakarta, Sabtu 30 Juni 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya