Pilgub Jabar Kalah, Demokrat Tatap Pilpres

Dua elite Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono dan Agus Harimurti Yudhoyono, di Serang, Banten, pada Kamis, 19 April 2018.
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA - Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, tidak mempermasalahkan kekalahan jagoannya, Deddy Mizwar, di Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

Seperti diketahui, Jawa Barat menjadi rebutan partai-partai pengusung empat pasangan calon karena wilayah yang mempunyai DPT 37 juta ini menjadi kunci kemenangan dalam suksesi Pemilihan Presiden 2019.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan, menjelaskan bahwa SBY dalam kunjungannya ke Bandung menekankan kepada seluruh kader hingga tingkat ranting untuk menatap optimisme dalam pemenangan Pilpres 2019.

Demokrat Ungkap Kejanggalan Pembahasan RUU HIP sejak Awal

"Kami tidak seperti partai lain ngancam-ngancam kadernya. Kami ambil hikmahnya karena mulai dari ketua umum sampai ranting sudah bekerja keras untuk memenangkan pasangan calon ini," ujar Hinca di sela mendampingi SBY dalam acara silaturahmi seluruh kader Demokrat di Hotel Grand Pasundan Bandung, Selasa, 3 Juli 2018.

SBY, lanjut Hinca, mengarahkan seluruh kader di Jawa Barat untuk bekerja keras kembali meski Pilkada Serentak dan Pilgub Jawa Barat 2018 tuntas. Dari hajatan Pilkada Serentak di Jawa Barat, Demokrat memenangkan sembilan daerah.

Pilkada 2020, Demokrat dan Golkar Sepakat Usung 33 Paslon

"Pada saat bersamaan tadi diarahkan untuk segera kerja keras lagi karena di depan mata sudah ada pileg dan pilpres, itulah intinya kekuatan kebersamaan dan konsolidasi. Berdasarkan quick count sembilan daerah (menang)," katanya.

Hinca memastikan menjelang penetapan pemenang Pilkada Serentak Demokrat telah memprioritaskan penguatan kader untuk pemenangan Pileg dan Pilpres 2019.

"Kami sudah ikhlaskan, kami ambil hikmah saja. Ini pelajaran berharga buat partai. Sebenarnya partai ini sudah bekerja keras, tapi begitulah hasilnya, kami mengambil hikmah untuk perbaikan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya