Tiga Kader Menang Pilgub di Jawa, PPP Klaim Dapat Amanat dari Jokowi

Suharso Monoarfa (kanan), Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Partai Persatuan Pembangunan mengklaim mendapatkan amanat khusus dari Joko Widodo dalam upaya pemenangan pemilu presiden tahun 2019, menyusul tiga kadernya yang hampir dapat dipastikan terpilih sebagai wakil gubernur di Jawa.

M Taufik Bantah Pendukung Prabowo-Sandi Ikut Serta dalam Aksi 22 Mei

PPP menyatakan dengan diplomatis bahwa pada dasarnya posisi tawar partai berlambang Ka’bah itu, setelah tiga kadernya memenangi pilkada provinsi, serta-merta meningkat di mata Jokowi.

“Tapi bahwa kami diamanati tadi untuk mengawal secara khusus provinsi-provinsi di Jawa sehubungan dengan dimenangkannya seluruh kontestasi pilgub di Jawa oleh kader PPP," kata Ketua Umum PPP, Romahurmuziy, di kantornya di Jakarta pada Rabu, 4 Juli 2018.

Sikapi Pemilu 2019, Hayono Isman: Indonesia Dibangun atas SARA

Romahurmuziy mengakui, posisi ketiga kadernya yang memenangi pemilihan gubernur di Jawa—Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur—itu memang hasil koalisi dengan partai lain. Tetapi mereka jelas dicalonkan oleh PPP.

"Tapi memang karena kader-kader PPP sebagai wagub Jabar, wagub Jateng, gubernur Jatim; memang kami memiliki dan diminta memiliki peran lebih dalam proses pemenangan Pak Jokowi ke depan," kata Romi, panggilan akrabnya.

Pasukan TNI Ajak Buka Puasa Bersama Massa Pendemo

Saat ditanya soal peluang Romi menjadi calon wakil presiden Jokowi, ia menjawab bahwa itu keputusan yang harus berdasarkan kesepakatan partai-partai dalam koalisi ketika sudah final kelak. Sebab bisa saja ada tambahan partai koalisi, seperti Demokrat, PAN, atau PKB.

Sebelum 15 Juli, katanya, semua pemimpin partai koalisi dijadwalkan berkumpul bersama Presiden di Istana Bogor. Namun waktu tepatnya belum ditetapkan sampai sekarang. (ase)

Mahfud MD saat menghadiri diskusi KAHMI Kota Malang di Hotel Savana. (Foto: Imadudin M/Times Indonesia)

Mahfud MD: Keputusan Sudah Ada, Negara Harus Terus Jalan

Sudah tidak perlu ada perdebatan tentang Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

img_title
VIVA.co.id
30 Juni 2019