Pesan Taufiq Kiemas: Jaga Puan

Puan Maharani dan Taufiq Kiemas dalam suatu momen.
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVA - Putri almarhum Taufiq Kiemas, Puan Maharani, menceritakan bagaimana sang ayah menjaganya. Kiemas berpesan pada tiap orang yang dibantunya untuk menjaga Puan.

Lengkap! 17 Poin Rekomendasi Rakernas V PDIP

Ia menanyakan pada para hadirin siapa yang pernah dibantu ayahnya. Mulai dari dibantu membangun rumah hingga diberi batik.

"Beliau tak pernah mengungkit-ungkit atau menanyakan (bantuannya)," kata Puan dalam peringatan wafatnya Taufiq Kiemas di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis, 5 Juli 2015.

Megawati Ejek Puan-Hasto Menangis di Rakernas PDIP: Piye Sih Penggede Partai Kok Cengeng

Ia melanjutkan tiap pulang ke rumah, Taufiq selalu memanggilnya untuk duduk dan mendengarkan ceritanya. Tokoh yang diakhir hidupnya menjabat sebagai Ketua MPR itu ternyata menceritakan pada Puan hari yang dialaminya.

"Tadi papa ketemu om ini, ujungnya dia keluarin kantong. Jamnya tadinya ada lima tinggal satu. Itu rahasianya," kata Puan.

Hasil Rakernas: PDIP Minta Pemerintah Turunkan Mahalnya Biaya UKT

Taufiq juga selalu memberikan pesan pada orang-orang yang dibantunya. Taufiq ternyata menitipkan Puan.

"Sudahlah, saya cuma titip Puan Maharani sama kamu. Saya enggak minta apa-apa. Kalau enggak bisa bantu Puan enggak apa-apa. Jaga Puan," kata Puan menirukan ayahnya.

Ia pun merasa harus menagih janji itu. "Kalau papa enggak bisa tagih janji, saya yang tagih janji sebagai keturunan langsung," kata Puan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya