Setuju Usung Anies Baswedan di Pemilu, PKS Ajukan Syarat

Anies Baswedan dan Jusuf Kalla beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki

VIVA – Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera mengatakan bahwa partainya akan menerima nama Anies Baswedan untuk diusung dalam Pilpres jika sudah menjadi hasil musyawarah koalisi. Meskipun demikian, PKS sebenarnya masih ingin kader PKS juga bisa maju di Pemilu 2019. 

Anies Baswedan Direstui Maju Pilkada Jakarta, Cak Imin: PKB Belum Membahas

"Selama itu keputusan musyawarah (menerima Anies Jadi cawapres), tapi kan bisa saja Prabowo-Aher atau pun Aher-Anies bisa saja," kata Mardani di Gedung DPR, Jakarta, Senin 9 Juli 2018.

Ia mengatakan, hingga kini memang belum ada keputusan final soal calon di Pilpres. Namun diklaim bahwa peluang Prabowo memang besar karena persentase kursi Gerindra lebih besar dibanding PKS dan PAN.

Megawati Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae, Anies Bilang "Situasinya Memang Amat Serius"

"Kemudian mas Anies datang, kecuali partai-partai itu sepakat usung mas Anies, karena de facto-nya siapa pemilik tiket dialah yang paling menentukan," kata Mardani.

Ia mengatakan, PKS masih akan memperjuangkan 9 nama capres dan cawapresnya. Apalagi masing-masing partai juga memperjuangkan ketua umumnya masing-masing.

PKS Tak Jagokan Anies Baswedan Maju Pilkada DKI tapi Tiga Sosok Ini

"Semuanya akan dibawa dalam satu musyawarah bersama, kita bahas di atas meja, kita tidak ingin maju tapi kita ingin menang karena ingin menang semuanya harus rendah hati," kata Mardani.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto mengatakan, Anies Baswedan sebagai salah satu kandidat cawapresnya yang dianggap serius. Sementara Presiden PKS Sohibul Iman menilai Anies lebih cocok menjadi calon Presiden bertolak pada partai koalisinya sudah berhasil di DKI Jakarta mengantarkan Anies menjadi Gubernur.

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Januari 2024

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menegaskan partainya tidak mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon Gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024. Partai

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024