Eks Jenderal Sampai Teknokrat Masuk 10 Cawapres yang Dikantongi Jokowi

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Teka-teki figur calon wakil presiden pendamping Joko Widodo di Pilpres 2019 tampaknya sudah sedikit terbuka. Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan, Romahurmuziy atau Rommy,  mengatakan ada 10 nama dengan berbagai latar belakang yang sudah dikantongi Jokowi.

PKB Mengadu ke KPU Lamongan

"Kurang dari 10 nama yang sudah diinformasikan kepada ketua umum partai yang sudah tegas mengusung Pak Jokowi yaitu PDIP, Golkar PPP, Nasdem dan Hanura," kata Rommy di kantor DPP PPP, Jalan Diponegoro, Jakarta, Senin 9 Juli 2018.

Namun, Rommy tak menyebut secara gamblang nama-nama dari 10 kandidat cawapres tersebut. Hanya saja, mereka yang masuk bursa ialah nama-nama yang belakangan juga kerap disebut atau pantas mendampingi Jokowi di periode kedua.

Duh, Kantor Jurdil2019.org Diintai Orang Tak Dikenal

"Dari 10 nama ada figur politisi ada figur cendekiawan, purnawirawan TNI/Polri dan kalangan teknokrat dan profesional," kata dia.

Menurut Rommy, kandidat cawapres ini turut mendapat pertimbangan dari koalisi partai, ulama dan sejumlah elemen masyarakat. Ia menegaskan, pengumuman paket pasangan calon tersebut akan disampaikan menjelang waktu pendaftaran.

Gubernur Anies Hargai Proses Perhitungan Suara di Pemilu Serentak 2019

Hal itu dilakukan sebagai hitung-hitungan politik lantaran penantang Jokowi di Pilpres 2019 masih belum mendeklarasikan diri secara resmi.

"Kalau pun diputuskan dalam waktu dekat, baru akan diumumkan sesaat sebelum pendaftaran pilpres. Karena itu menunggu formasi pihak sebelah siapa yang diberangkatkan baik capres cawapresnya maupun final koalisi," kata dia.

ILUSTRASI - Pasangan capres dan cawapres di Pilpres 2019. (Grafis: TIMES Indonesia)

Rektor Pakuan: Klaim Menang Pilpres 2019 Agar Disikapi Hati-hati

Klaim kemenangan hasil Pemilu 2019 harus pastikan dari sikap KPU.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2019