Lima Kandidat Cawapres Prabowo, Terkuat Anies

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menunjukkan kertas suara saat akan memberikan hak suara dalam Pilkada Serentak 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Gerindra, Ahmad Riza Patria, menyebutkan nama-nama bakal cawapres Prabowo Subianto telah mengerucut. Nama-nama tersebut terdiri dari unsur parpol dan non parpol.

Rektor Pakuan: Klaim Menang Pilpres 2019 Agar Disikapi Hati-hati

"Jadi sudah mengerucut memang, sudah tidak banyak lagi dari calon-calon ini," kata Riza di Gedung DPR, Jakarta, Kamis, 12 Juli 2018.

Ia mencontohkan dari 9 nama cawapres PKS sudah mengerucut ke Ahmad Heryawan dan Salim Segaf. Lalu dari PAN dari 4 calon mengerucut hanya Zulkifli Hasan.

PKB Mengadu ke KPU Lamongan

"Dari Demokrat juga demikian yang tadinya ada nama AHY, TGB saya kira tinggal satu yaitu AHY. Jadi itu ada 4 calon. Di luar empat calon ini saya kira yang berpeluang di luar parpol ini yaitu pertama ada Anies Baswedan. Di luar nama itu ada Chairul Tanjung. Tapi yang saya ketahui yang bersangkutan enggak mau maju di kontestasi Pilpres 2019, ingin fokus usaha. Nanti kami akan lihat ya, akan kami tanyakan," kata Riza.

Ia menambahkan kalau Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar ingin bergabung, maka namanya juga akan dipertimbangkan. Nantinya, partai koalisinya akan berdiskusi bersama memutuskan yang terbaik.

Duh, Kantor Jurdil2019.org Diintai Orang Tak Dikenal

"Memang semua partai ingin sekali kadernya duduk sebagai cawapres Pak Prabowo. Tapi tempatnya cuma satu, dalam diskusi dialog semua akan kompak, bersatu, berjuang bersama, dan akan legawa walaupun tidak masuk sebagai cawapres dalam koalisi ini. Pasti akan berjuang yang terbaik untuk pemenangan koalisi ini dan pemenangan pileg dan pilpres 2019," kata Riza.

Meski begitu, ia menilai semua memiliki kesempataan yang sama. Baginya, tak bijak jika disebutkan kelebihan calon-calon tersebut.

"Kami akan terus diskusikan dan pada waktunya akan kami umumkan segera," kata Riza. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya