SBY Isyaratkan AHY Jadi Cawapres Bukan Harga Mati

Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (tengah).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

VIVA – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono membuka opsi mengusung Joko Widodo, Prabowo Subianto atau calon presiden dari poros ketiga. Namun, ia juga mengajukan syarat pengusungan salah satu capres itu harus memberi manfaat pada Partai Demokrat. Salah satunya membawa efek elektoral untuk Demokrat.

SBY Yakin Duet Renan Buiatti-Reza Beik Jadi Pertahanan Tangguh Jakarta LavAni

"Sudah barang tentu ini sama seperti kepentingan partai-partai politik manapun. Capres cawapres yang kita usung nanti juga memberikan manfaat kepada Partai Demokrat. Misalnya memberikan manfaat kepada Pemilu Legislatif, pada kader Partai Demokrat, pada Pemilu Legislatif 2019 mendatang," kata SBY dalam video resmi yang diunggah ke situs Youtube baru-baru ini.

SBY juga berharap capres yang didukung melirik kader Demokrat untuk menjadi pendamping. Dia menyebut saat ini Demokrat memiliki kader unggulan yang punya elektabilitas tinggi untuk jadi calon wakil presiden.

Pengamat Ungkap Ganjalan Utama Megawati Gabung dalam Koalisi Prabowo-Gibran

"Maka tidak berlebihan jika kader Demokrat juga berharap salah satu kader terbaiknya bisa menjadi cawapres," ujar SBY.

Menurut SBY, soal kader yang menjadi cawapres itu menjadi harapan tinggi para kader Demokrat di seluruh Indonesia. Meskipun SBY menegaskan soal itu bukan syarat mutlak yang harus dipenuhi capres yang diusung nanti.

Juru Bicara Ungkap Keinginan Prabowo Duduk Bareng Megawati, SBY dan Jokowi

"Meskipun ini bukan harga mati," kata SBY.

Sebelumnya, setelah melakukan sidang pertama terkait Pemilihan Presiden 2019, Majelis Tinggi Demokrat sepakat menetapkan tiga opsi. Opsi pertama, Demokrat mengusung calon petahana yakni Joko Widodo.

Kedua, Demokrat punya opsi mengusung Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Kemudian opsi terakhir, Demokrat mengusung calon di luar dua itu jika memungkinkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya