Pesimistis soal Poros Baru, PAN Merapat ke Gerindra

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi
Sumber :

VIVA – Ketua Badan Pemenangan Pemilu PAN, Viva Yoga Mauladi memastikan akan berkoalisi dengan Partai Gerindra di Pilpres 2019. Keputusan ini akan dikuatkan melalui Rakernas PAN.

Ketum PAN Zulhas Bantah Ketemu Jokowi Bahas Reshuffle Kabinet

"Di samping ada chemistry juga dekat secara ideologi dan biologi jadi memang kita dekat dengan Partai Gerindra dan kemungkinan kita akan berkoalisi dengan Partai Gerindra," kata Viva usai acara di Surabaya, Jawa Timur, Minggu 15 Juli 2018.

Ia menjelaskan, PAN sudah melakukan ijtihad politik untuk menempuh jalur di luar petahana di Pilpres dan akan melakukan koalisi dengan Partai Gerindra.

ICW Minta PKB, PAN dan Golkar Cabut Wacana Penundaan Pemilu 2024

"Tapi nanti akan diputuskan dalam Rakernas PAN sekitar awal Agustus 2018, nanti batas akhirnya kan tanggal 10 Agustus 2018. Jadi masih ada waktu yang masih dinamis. Sekarang tinggal proses pembentukan pematangan koalisi partai," kata Viva.

Ia menjelaskan, sementara peluang poros baru dalam Pemilu 2018 sangat kecil. Diakuinya, bisa saja PAN berkoalisi dengan Gerindra sementara Demokrat, PKS, dan PKB bisa membuat koalisi baru. 

PAN Putuskan Setuju Pemilu 2024 Ditunda

"Rasanya kalau melihat kondisi politik saat ini peluangnya ibarat masuk ke lubang yg sangat kecil, agak susah," kata Viva.

Jokowi-Ma'ruf bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju

Reshuffle Kabinet Dikabarkan Akhir Maret, PAN Dapat Menteri dan Wamen

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa, Luqman Hakim, mengaku mendengar kabar Presiden Joko Widodo akan melakukan reshuffle kabinet pada akhir Maret 2022.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022