Tjahjo Kumolo Tak Daftar Caleg karena Dilarang Megawati dan Jokowi

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dipastikan tidak mendaftar sebagai calon anggota legislatif atau caleg. Ia akan menuntaskan tugasnya karena posisi sebagai Menteri tidak ringan, terutama harus ikut mempersiapkan penyelenggaraan pemilu.

Mulai 2023, Pegawai Honorer Tak Lagi Dipakai Instansi Pemerintah

"Karena saya melekat dengan semua pihak. Kalau saya ada label caleg, mau ketemu KPU, ketemu Bawaslu, kan tidak etis," kata Tjahjo usai melantik penjabat Gubernur NTT dan anggota Komisi Indipenden Pemilihan Aceh di Jakarta pada Selasa, 17 Juli 2018.

Hal lain yang menjadi alasan utamanya tak mendaftar caleg, meski termasuk bagian dari elite PDIP dan pernah menjabat sekretaris jenderal partai itu, karena perintah Megawati Sukarnoputri. Sang ketua umum, katanya, memang memintanya menuntaskan dahulu tugasnya sebagai menteri.

Menpan RB Tjahjo Kumolo Minta KPK Gencarkan OTT

"Ibu Mega sebagai pimpinan saya (di PDIP) menugaskan saya untuk selesaikan tugas sebagai Mendagri," ujarnya.

Bahkan, Presiden Joko Widodo pun memang melarang beberapa menteri untuk menjadi caleg, karena jabatan menteri tertentu dianggap strategis dan berkaitan dengan pemilu. "Saya siap apabila diperintahkan Pak Jokowi, siap," katanya.

MenPAN RB Tjahjo Kumolo Sebut ASN Tidak Masuk Kriteria Penerima Bansos

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengungkapkan bahwa Presiden melarang beberapa menteri untuk mendaftar caleg dalam Pemilu 2019. Di antaranya, Tjahjo Kumolo dan bahkan dia, karena alasan utama tugas berat pada masing-masing jabatan sehingga tak dapat ditinggalkan atau dikesampingkan.

Selain Sekretaris Kabinet dan Menteri Dalam Negeri, kata Pramono, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Luar Negeri, Menteri Pertahanan, dan Menteri Keuangan, juga dilarang oleh Presiden untuk mendaftar sebagai caleg.

Gedung KPK

Respons Tjahjo Kumolo soal Mars dan Himne KPK Ciptaan Istri Firli

Mars dan himne yang diciptakan istri Ketua KPK Firli Bahuri diharapkan membangkitkan rasa semangat dan soliditas dari suatu organisasi, kementerian hingga lembaga.

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2022