Maju Lagi Jadi Caleg, Menkumham Yasonna: Orang Politik Darahnya

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly mengakui, alasannya maju sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) di Pileg 2019 karena dirinya memang benar-benar memiliki jiwa sebagai Politikus.

Analisis Komunikasi Politik dalam Rencana Pertemuan Prabowo dengan Megawati

Yasonna yang berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendaftar sebagai bacaleg mewakili daerah pemilihan (dapil) Sumut-1.

"Ya bagaimana, orang politik darahnya begitu," ujar Yasonna di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu, 18 Juli 2018.

Pidato Wajah dan Fisik di Gelora Bung Karno

Selain itu, Yasonna menyampaikan, PDIP juga secara khusus menugasinya untuk mencalonkan diri sebagai bakal Anggota DPR. Yasonna mengaku sudah diberi izin Presiden Joko Widodo untuk menjadi Caleg sambil tetap menjalankan tugas-tugas sebagai Menteri.

"Saya mengatakan (kepada Jokowi) bahwa saya akan melakukan kerja, kerja, kerja saya dengan baik, menata (waktu) dengan baik," ujar Yasonna.

Andri Arief Kritisi Luhut soal Pendukung Demokrat Minta Pemilu Ditunda

Lebih lanjut, ia tidak akan mengambil cuti untuk berkampanye dalam waktu panjang. Yasonna hanya akan mengambil cuti beberapa kali pada akhir pekan. Sementara kegiatan kampanye pada hari kerja akan dilakukan oleh tim yang memang sengaja dibentuk untuk menyukseskannya di Pileg 2019.

"Jadi akan membentuk tim saja, kontrol dari jauh. Saya sekali-sekali datang setelah meminta izin ke Presiden. Saya juga tidak akan menggunakan fasilitas negara," ujar dia.

Dapil Sumut-1 terdiri dari Kota Medan, Tebing Tinggi, Kabupaten Deli Serdang, dan Serdang Bedagai. Yasonna menyampaikan, ia sengaja memilih dapil itu karena merupakan kampung halamannya.

"Di Medan kita tidak perlu tinggal di hotel, di rumah sendiri saja. Jadi sudah lebih mudah, murah," ujar Yasonna yang sebelumnya juga pernah menjadi Anggota Legislatif itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya