Polling VIVA Soal Pendamping Jokowi, Cak Imin dan Puan Bersaing

Hasil polling VIVA.co.id terkait siapa pendamping Joko Widodo di Pilpres 2019.
Sumber :

VIVA – Kurang dari 10 hari lagi, pendaftaran calon presiden dan wakil presiden akan dibuka. Sejumlah elit partai mulai melakukan pertemuan guna menetapkan siapa calon yang akan mereka usung dalam pilpres 2019 nanti.

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin

Enam partai pendukung Joko Widodo, hingga kini terus membangun kesepakatan dalam memantapkan sikap koalisi. Mereka juga bulat untuk menentukan calon wakil presiden. Pengumuman siapa orangnya sepenuhnya diserahkan kepada Jokowi. Sejumlah nama politisi dan tokoh nasional kerap mengemuka di publik.

VIVA melakukan polling dengan melibatkan pembaca setianya. Pertanyaannya, siapa empat tokoh partai politik yang paling potensial mendampingi Jokowi di Pilpres 2019.

Pidato Lengkap Prabowo Subianto Usai Ditetapkan sebagai Presiden Terpilih

Kami memilih nama Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Ketum PKB Muaimin Iskandar, Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PPP Romahurmuziy sebagai bakal kandidat yang akan mendampingi Jokowi.

Dari polling yang dilakukan selama 24 jam sejak Rabu, 25 Juli 2018 dan berakhir hari ini pada pukul 11.00 WIB, nama Muhaimin Iskandar berada pada posisi pertama dengan pemilih sebanyak 44 persen. Dia unggul dari Puan Maharani yang berada di posisi kedua dengan perolehan dukungan nitizen sebanyak 32 persen.

Prabowo Terkesan Anies-Cak Imin Hadiri Penetapan Presiden dan Wapres Terpilih di KPU

Kemudian nama Airlangga Hartorto berada pada posisi ketiga dengan perolehan angka yang cukup jauh dari Cak Imin maupun Puan. Airlangga hanya mendapat dukungan sebanyak 13 persen. Posisi buncit adalah Ketum PPP Romahurmuziy, dengan perolehan angka dukungan hanya 11 persen.

Jumlah warganet atau nitizen yang ikut berpartisipasi dalam polling VIVA kali ini mencapai 13.406 orang dan yang mengomentari sebanyak 1.300 orang. Polling disukai 913 dengan retweet sebanyak 711 kali.

Beragam komentar ditanggapi pembaca pada polling ini. Akun @AchmadAnnama misalnya, meminta agar tim siber Golkar unjuk gigi untuk ikut mendongkrak popularitas Airlangga agar tidak kalah dari kandidat PKB dan PDIP.

Sementara akun @IrfanKepri menyampaikan komentar kalau Cak Imin hingga saat ini adalah tokoh partai yang paling pas mendampingi Jokowi. Alasan sederhananya adalah karena Cak Imin tokoh muda, religius dan memiliki segudang pengalaman. Tapi yang terpenting katanya, Cak Imin didukung oleh masyarakat dengan bukti telah terbentuknya relawan JOIN diseluruh pelosok Indonesia.

Pembaca VIVA dapat mengikuti polling yang lain seputar pilpres dan pileg 2019. Tapi perlu diketahui, hasil polling ini bukan mencerminkan hasil nyata dan juga bukan suara redaksi. Polling ini hanya merangkum pendapat netizen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya