Luhut: Amien Rais Jangan Asal Ngomong soal Freeport Ditutup

Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menanggapi pernyataan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais yang mendesak pemerintah menutup PT Freeport. Luhut menilai pernyataan Amien tak didasari dengan data yang konkret dan asal bicara.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

“Dia ngomong saja, Pak Amien jangan asal ngomong saja kan enggak mudah asal nutup saja,” kata Luhut kepada awak media di Depok, Jawa Barat, Jumat 27 Juli 2018.

Luhut mengatakan, jika terjadi pelanggaran tentunya hal itu akan segera diperbaiki. Menurutnya, hal itu butuh proses yang tak bisa cepat.

Beroperasi Juni 2024, Smelter Freeport di Gresik Bakal Diresmikan Jokowi?

“Enggak ada masalah, jadi pemerintah itu enggak seperti kamu ada yang ini balik tangan kan harus hormatin. Peraturan perjanjian yang dibuat sekian puluh tahun lalu, kalau kita cari lagi yang lalu, ada lagi salahnya nanti,” lanjutnya

Terkait soal banyak korban jiwa di area perusahaan itu, Luhut menilai sebagai hal biasa.

Smelter Freeport di Gresik Mulai Produksi Agustus 2024 dengan Kapasitas 50 Persen

“Di mana-mana itu? Kan banyak yang mati itu kan hal yang biasa,” katanya sambil berlalu

PT Freeport Indonesia (PTFI) teken Perjanjian Kerja Bersama (PKB) PTFI periode 2024-2026 bersama tiga Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh (dok: Freeport)

Manajemen dan Serikat Pekerja Freeport Teken PKB, Menaker: Bisa Jadi Contoh bagi Perusahaan Lain

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas bersama tiga Ketua Serikat Pekerja/Serikat Buruh PTFI menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024