Belum Temui Habib Rizieq, SBY Tak Diundang di Ijtima Ulama

Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Forum Ijtima Ulama memang sengaja tak mengundang Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhyono ke acara mereka yang diselenggarakan selama tiga hari ini.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

Alasannya, inisiator acara yakni Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF-U) memandang SBY belum menemui Rizieq Shihab, pimpinan Front Pembela Islam yang kini tinggal di Mekkah, Arab Saudi.

Saat pembukan acara kemarin, hanya hadir lima pimpinan partai yang bermaksud juga membicarakan arah keputusan politik memilih calon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2019.

Hakim MK Buka Suara soal Megawati Ajukan Amicur Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

"Kalau seandainya kemarin itu dari Demokrat khususnya Bapak Susilo Bambang Yudhoyono berkunjung pada Habib Rizieq, undangan pasti keluar," kata Ketua Umum GNPF-Ulama Yusuf Muhammad Martak saat acara hari kedua Itjima Ulama di kawasan Jakarta Barat, Sabtu 28 Juli 2018.

Namun Yusuf menyatakan, forum ini tetap membuka pintu bagi SBY hadir esok hari ada pada acara penutupan. Forum itu, kata dia, membuka bagi siapa pun ikut ambil bagian menyampaikan aspirasinya.

Top Trending: Kisah Jenderal Agus Subiyanto, Sosok Aiptu FN hingga Istri Baru Habib Rizieq

Menurut dia, dari lima pimpinan partai yang hadir terlihat sudah menujukkan konsistensinya agar mencari pemimpin alternatif, di luar nama - nama yang sudah beredar.

"Kalau mau datang ya kita buka pintu, silakan saja. Tapi kami tidak dalam kapasitas mengeluarkan undangan," ujarnya.

Seperti diketahui, tokoh partai politik yang hadir saat pembukaan Itjima Ulama ialah Prabowo Subianto (Ketum Partai Gerindra), Zulkifli Hasan (Ketum PAN), Sohibul Iman (Presiden PKS), Tommy Soeharto (Partai Berkarya), dan Yusril Ihza Mahendra (Ketum PBB).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya