Ustaz Somad Tolak Cawapres, Bagaimana Kans Prabowo-Salim Segaf

Prabowo Subianto
Sumber :
  • ANTARA Foto/Darwin Fatir

VIVA – Dua figur direkomendasikan dalam forum Ijtima Ulama terkait calon wakil presiden untuk Prabowo Subianto yaitu Ustaz Abdul Somad dan Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Segaf Aljufri. Ustaz Somad memberi sinyal menolak dan justru memberi dukungan kepada Salim Segaf menjadi pendamping Prabowo.

Verrell Bramasta Berharap Prabowo-Gibran Lebih Fokus Pada Kemajuan Anak Muda

Analisis politik pun muncul soal kans Prabowo bila diduetkan dengan Salim Segaf. Pengamat politik asal Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin mengatakan rekomendasi ulama ini hanya Ustaz Somad yang baru, berbeda dengan Salim Segaf.

"Nama Salim Segaf bukan sesuatu yang baru untuk dipasangkan dengan Prabowo. Salim sudah muncul di 9 nama kader dan tokoh PKS yang direkomendasikan untuk pendamping Prabowo," kata Ujang kepada VIVA, Minggu, 29 Juli 2018.

Beri Selamat ke Prabowo-Gibran, Perindo Sampaikan 4 Sikap

Ujang memprediksi rekomendasi Salim Segaf akan menemui jalan terjal. Pertama, Salim merupakan tokoh dari parpol yang belum tentu bisa diterima oleh partai calon koalisi Gerindra seperti Demokrat dan PAN. Apalagi merujuk tinggal lima hari lagi pendaftaran capres dan cawapres.

"Akan berat jika Prabowo berpasangan dengan Salim Segaf meski dia ketua Majelis Syuro PKS. Dia belum tentu didukung Demokrat dan PAN," jelas Ujang.

Waketum Nasdem Ahmad Ali Datang ke Rumah Prabowo, Surya Paloh Sebut Ada Urusan Pilkada

Kemudian, dari segi elektabilitas, Salim Segaf juga dinilai masih kurang. Bila ada opsi, ia memprediksi Prabowo justru lebih memililih Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai pendampingnya.

"Dari segi popularitas, elektabilitas, AHY lebih kinclong dari Salim Segaf. Meskipun AHY pendatang baru dalam politik Indonesia," tuturnya.

Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman (tengah) bersama Hidayat Nur Wahid (kanan), dan Salim Segaf Al-Jufri (kiri) menghadiri Mukernas ke-4 PKS di Depok, Jawa Barat.Foto: Salim Segaf (kiri) bersama Presiden PKS Sohibul Iman (tengah) dan Hidayat Nur Wahid.

Lobi Prabowo

Prabowo Subianto dinilai akan memainkan peranan dalam penentuan figur pendampingnya. Sisa beberapa hari akan membuat Prabowo berpacu dengan waktu. Permainan lobi Prabowo ke beberapa parpol calon pendukung koalisi akan menjadi penentu nama cawapres.

"Ini semua tergantung Prabowo kalau saya lihat. Bagaimana dia nanti melobi PKS, PAN, Demokrat soal cawapres," kata pengamat politik asal Universitas Paramadina, Hendri Satrio, Minggu, 29 Juli 2018.

Baca: Ustaz Abdul Somad Dukung Pasangan Prabowo-Salim Segaf

Hendri mengatakan meski belum resmi, sinyal Demokrat lengket dengan Prabowo membuat pertarungan di Pilpres 2019 menarik. Ia menyebut dua poros kemungkinan akan tetap terjadi.

"Ini pertarungan yang seimbang. Kubu Jokowi sudah banyak pendukung. Demokrat masuk ya seimbang," ujar Hendri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya