PKB: Koalisi Prabowo Enggak Ada Bentuknya

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menilai, barisan partai pendukung Prabowo Subianto belum siap menghadapi Pemilu Presiden 2019.

Prabowo Segera Bahas Koalisi Setelah Ditetapkan Jadi Presiden Terpilih Besok

Wakil Sekretaris Jenderal PKB, Jazilul Fawaid melihat, koalisi Prabowo hanya sibuk melakukan pertemuan tanpa ada keputusan jelas.

"Kalau di sana (koalisi Prabowo) bentuknya enggak ada sama sekali. Kalau kita (koalisi Jokowi) sudah ada bentuknya," kata Jazilul di Jakarta, Kamis 2 Agustus 2018.

Terima Kasih ke Tim Hukumnya, Prabowo Subianto Ajak Seluruh Pihak Kembali Bersatu

Jazilul menambahkan, kubu Prabwo bahkan belum solid untuk menentukan kepastian siapa capres dan cawapresnya yang akan didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Padahal, pendaftaran capres dan cawapres akan dimulai Sabtu besok, 4 Agustus 2018.  

"Kubu sebelah (pendukung Prabowo) ada pertemuan-pertemuan tapi enggak ada bentuknya sampai hari ini," ujarnya.

Tak Lapor Surya Paloh, Waketum Nasdem Klaim Temui Prabowo Tanpa Wakili Partai

Selain itu, ia menduga kubu Prabowo yang bakal diusung empat parpol Gerindra, PKS, PAN dan Demokrat agak gentar menghadapi poros pendukung Joko Widodo. Sejauh ini, enam parpol sudah mendukung Jokowi seperti PDIP, Golkar, PKB, PPP, Nasdem dan Hanura.

"Karena kan Pak Jokowi ini kuat. Jadi mereka masih mencari bentuk." 

Sementara itu, Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menilai, koalisi partai pendukung Jokowi sangat siap menghadapi Pilpres 2019. Sebaliknya koalisi pendukung Prabowo justru tidak kunjung menemukan kesepakatan mengenai figur yang akan diusung menjadi cawapres.

"Poros Jokowi dianggap lebih siap dan sudah lebih solid ketimbang poros Prabowo. Itu harus kita akui. Sementara, poros Prabowo dalam koalisi Partai Gerindra, Demokrat, PKS dan PAN belum jelas ujungnya," katanya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya