Mengenang Yusuf Supendi, Dipecat LHI Sampai Jadi Caleg PDIP

Pendiri PKS Yusuf Supendi
Sumber :
  • Antara

VIVA – Yusuf Supendi, salah seorang Pendiri Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meninggal dunia pada Jumat, 3 Agustus pagi ini. Yusuf dikabarkan meninggal dunia di RSCM, Jakarta.

Rizal Ramli Meninggal Dunia, Sri Mulyani: Selamat Beristirahat di Sisi Terbaik Allah SWT

Kiprah Yusuf di jagad politik Tanah Air memiliki perjalanan yang panjang. Ia juga dikenal sebagai penceramah. Lahir dari keluarga ulama, pria kelahiran Bogor itu tutup di usia 60 tahun.

Yusuf tercatat sebagai salah seorang angkatan pertama dari gerakan Tarbiyah yang ada di Indonesia. Ia juga merupakan salah seorang pendiri dan deklarator PKS ketika masih bernama Partai Keadilan.

Bambang Kristiono Sang ‘Samurai Prabowo’ Meninggal Dunia

Kiprah politik Yusuf antara lain pernah menjadi Wakil Ketua dan anggota Dewan Syariah PKS periode 2000-2010. Ia juga pernah merasakan menjadi wakil rakyat DPR dari Fraksi PKS dari Daerah Pemilihan IV kabupaten/kota Bogor Jawa Barat.

Yusuf menjadi sorotan ketika konflik dengan pimpinan PKS era Luthfi Hasan Ishaaq (LHI). Ia dipecat oleh LHI pada 2010. Ketika itu, Yusuf merupakan Ketua Dewan Syariah PKS.

Sekjen Gerindra: Desmond Mahesa Orang yang Kritis dan Sangat Mencintai Partainya

Pemecatannya sempat berbuntut panjang karena berlanjut dengan gugatan yang ditujukan LHI dan sejumlah elite PKS pada Februari 2012. Namun, gugatan yang diajukan Yusuf ditolak PN Jaksel.

Kemudian, karir politiknya sempat membuat Yusuf bergabung dengan Hanura sebagai caleg untuk Pemilu 2014. Namun, Yusuf ketika itu gagal.

Pada Pemilu 2019, nama Yusuf Supendi kembali mencuat. Yusuf maju sebagai bakal calon anggota legislatif (caleg) dari PDI Perjuangan untuk daerah pemilihan V Jawa Barat. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya