Dua Alasan Jokowi Belum Ungkap Nama Cawapres

Presiden Joko Widodo (tengah)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

VIVA – Hari pertama pendaftaran calon presiden dan wakil presiden 2019 telah dibuka pada Sabtu 4 Agustus 2018. Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan Arsul Sani menyebut Joko Widodo sebenarnya sudah punya satu nama dalam kantongnya.

Jusuf Kalla Nilai Pertemuan Jokowi-Prabowo Damaikan Politik Bangsa

"Soal cawapres sebenarnya Pak Jokowi sudah punya satu nama. Hanya ada dua hal yang membuat belum disampaikan kepada publik," kata Arsul, Sabtu 4 Agustus 2018.

Pertama, secara strategi politik tidak ada urgensinya nama cawapres itu disampaikan sekarang. Kedua, nama itu menurutnya masih tergantung koalisi.

#03PersatuanIndonesia Sinyal Baik Pertemuan Jokowi-Prabowo

"Pada akhirnya cawapres tersebut bisa berubah namanya jika misalnya konfigurasi politik di luar koalisi berubah. Misal ada yang justru bergabung ke koalisi Pak Jokowi atau ada yang membentuk poros ketiga," ujar Arsul.

Ditambahkan Arsul, koalisi pendukung Jokowi yang ada saat ini masih dalam keadaan solid. Meskipun dia tidak menampik apapun bisa terjadi, termasuk jika ada yang keluar dari koalisi.

Usai Putusan MK, Jokowi Beri Pidato di Kediaman Ma'ruf Amin

"Yang fix di koalisi seperti PPP kan memberikan masukan kepada Pak Jokowi untuk mengantisipasi segala kemungkinan baik ada yang masuk baru ke koalisi atau kalau ada yang tiba-tiba keluar," kata Arsul.

Seperti diketahui, pendaftaran capres-cawapres dibuka pada 4 Agustus hingga 10 Agustus 2018. Loket pendaftaran akan dibuka pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Sementara itu, untuk pendaftaran pada tanggal terakhir yaitu pada 10 Agustus 2018, loket pendaftaran di KPU akan dibuka sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB.

Sidang gugatan sejumlah calon legislatif Partai Gerindra.

Ajukan Saksi Tambahan, Putusan Gugatan Mulan Jameela Cs Ditunda

Mulan Jameela dan beberapa caleg menggugat Partai Gerindra.

img_title
VIVA.co.id
12 Agustus 2019