Siapa Cawapres Jokowi Inisial M, Ini Tambahan Ciri-cirinya

Presiden Joko Widodo (tengah) memberikan keterangan terkait gempa bumi di Lombok
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Nama figur pendamping Joko Widodo masih misteri. Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Rommy sempat melempar isu figur cawapres Jokowi berinisial M. Siapa maksudnya?

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

Wakil Sekretaris Jenderal PPP Achmad Baidowi memberikan kode tambahan isyarat figur calon wakil presiden yang menjadi pasangan petahana di periode kedua itu.

"Yang jelas (cawapres Jokowi) representasi santri," kata Baidowi saat dihubungi wartawan, Rabu 8 Agustus 2018.

5 Poin Penting Kunjungan Jokowi ke Afrika

Baidowi belum bisa membocorkan nama yang nantinya akan diumumkan secara resmi oleh Jokowi. Saat ditanya, apakah sosok yang dipilih dalam daftar pendek itu ialah Mahfud MD?

Awik, begitu disapa, justru meminta 'kode' yang disampaikan itu ke dalam teori Cliffor Geertz, yang dipakai antropologi budaya asal Amerika Serikat.

Rocky  Gerung Seorang Republikan

Geerts sempat menulis buku tentang 'The Religion of Java' yang sempat populer adanya trikotomi hubungan agama dan politik diisi oleh kalangan abangan, santri dan priyayi.

"Ya artikan sendiri apakah Pak Mahfud pernah nyantri apa bukan. Dalam (teori) Cliffort Gertz kan sudah dijelaskan," kata dia.

Baca: Bocoran Cawapres Jokowi Berinisial M, Siapa Dia

Sebelumnya, dalam cuitan akun twitter pribadi Ketua Umum PPP Romahurmuziy menyatakan calon wakil presiden Jokowi datang dari figur yang memilik banyak pengalaman di pelbagai tugas pemerintahan.

Selain itu, sosok tersebut menurutnya mewakili organisasi keagamaan terbesar di Indonesia dan namanya diawali inisial M. Nama-nama itu pun tak jauh dari yang pernah disebutnya dalam daftar 10 tokoh yang akan menjadi calon presiden Jokowi.

"Dia juga memiliki pengalaman paling luas dalam segala ranah pemerintahan. Selamat menebak," kata Rommy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya