Jokowi Pilih Ma'ruf, Mahfud Langsung Pergi

Mantan Ketua MK, Mahfud MD, tidak jadi dipilih menjadi cawapres Jokowi, Kamis, 9 Agustus 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Eduward Ambarita.

VIVA – Ma'ruf Amin resmi menjadi calon wakil presiden untuk mendampingi Joko Widodo di Pilpres 2019. Pengumuman langsung disampaikan Jokowi dan disaksikan oleh sembilan pemimpin partai koalisi, di Plataran Menteng, Jakarta, Kamis 9 Agustus 2018.

Mahfud: Sikap Presiden Jelas soal Pemilu 2024, Jangan Didesak Lagi

Padahal, sebelum pengumuman, nama Mahfud MD santer akan menjadi cawapres Jokowi. Mahfud sendiri sudah menyebut namanya untuk mendampingi Jokowi di Pilpres 2019. Mahfud juga sudah membuat surat keterangan tidak pernah dipidana di Pengadilan Negeri Sleman, sebagai syarat untuk maju dalam pilpres.

Bahkan, Mahfud pun sudah menghadiri deklarasi sore ini dengan mengenakan pakaian kemeja putih. Namun, siapa sangka, Jokowi bukan menyebut nama Mahfud, melainkan Mar'uf Amin sebagai pendampingnya.

Mahfud Bantah Nama Soeharto Dihilangkan dari Sejarah

Sontak, menjadi tanda tanya besar bagi publik, dan wartawan yang berada di lokasi. Di mana, Mahfud saat deklarasi?

Mahfud sempat terlihat di salah satu restoran Tesate. Restoran itu berdekatan dengan lokasi pengumuman. Pengumuman disampaikan Jokowi, sekitar pukul 18:30 WIB, dan Mahfud terlihat meninggalkan lokasi tempatnya menunggu pukul 17:26 WIB.

Cabut Status Tersangka Nurhayati, Mahfud: Biar Orang Berani Melapor

Memang lokasi Tesate dan restoran Platran tempat Jokowi mengumumkan pasangannya, berhadapan dan dipisah oleh persimpangan lampu merah. Plataran berada di Jalan HOS. Cokroaminoto, dan Tesate di Jalan Dr. GSSJ Ratulangi. 

Nama Mahfud akhirnya tak dipilih, dan Jokowi berserta koalisi sepakat memutuskan Ma'ruf. 

Pantauan VIVA, Mahfud yang mengenakan kemeja berkelir putih itu tak berbicara banyak, ketika beranjak dari tempatnya menunggu.

Sebelum meninggalkan tempat, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu sempat menerima telepon.

"Nanti ya, saya pulang dulu. Mau ke kantor dulu di Kramat," ujar Mahfud meninggalkan Tesate dan sedikit memberi pertanyaan kepada awak media yang menunggu. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya