Nasdem: Caleg Artis Kami Bukan Aksesoris

Tessa Kaunang dalam forum perkenalan caleg Nasdem yang dihadiri sejumlah artis di Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 11 Agustus 2018.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Partai Nasdem merupakan partai peserta Pemilihan Umum 2019 yang bertabur artis. Partai itu paling banyak merekrut kalangan pesohor menjadi calon anggota legislatif (caleg) dibandingkan parpol lainnya. Kendati begitu, Nasdem mengklaim para pesohor itu direkrut bukan sekadar pajangan dan aksesoris. 

Torehan Apik Caleg Artis Pendatang Baru, Tembus Suara Tertinggi hingga Singkirkan Politisi Senior

Sekira 27 pesohor Tanah Air bergabung dengan Nasdem dan jadi caleg Dewan Perwakilan Rakyat RI. Untuk daerah pemilihan Jawa Timur, empat artis perempuan yang menonjol. Mereka ialah Manohara Odelia Pinot untuk Dapil Jatim I (Surabaya). Di dapil ini, dia bersaing dengan mantan Menpora, Hayono Isman, dan mantan Kajati Jatim, Maruli Hutagalung.

Ada juga Tessa Kaunang yang maju caleg DPR RI Dapil XII (Tuban-Bojonegoro), Elma Theana Dapil X (Mojokerto-Jombang), Yuli KDI di Dapil VIII (Kediri), dan Venna Melinda untuk Dapil VI (Batu-Malang). Venna sebelumnya legislator Demokrat yang kini meloncat ke Nasdem.

Dari Politikus Dadakan Jadi Anggota DPR, Uya Kuya: Siap Amanah dan Tak Akan Khianati Rakyat!

Ketua Badan Pemenangan Pemilu atau Bappilu Nasdem, Effendy Choirie atau Gus Choi, mengatakan bahwa artis direkrut bukan hanya sekadar karena popularitasnya. Mereka juga dilihat dari sisi kapasitas dan kemauan serta kepeduliannya membangun bangsa.

Caleg Nasdem, katanya, harus memiliki satu di antara tiga kriteria tersebut. "(Caleg artis) Bukan sekadar pajangan dan aksesoris," katanya dalam perkenalan para caleg di kantor Bappilu Nasdem Jatim di Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 11 Agustus 2018.

Melenggang ke Senayan, Nafa Urbach Langsung Tancap Gas Promosi Wisata

"Syarat dari (caleg) artis, pertama, harus memiliki popularitas. Jadi, ketika dia berkomunikasi dengan rakyat cepat. Kedua, ada kemauan yang keras. Kalau cuma popularitas tapi enggak ada kemauan, ya enggak sampai ke rakyat, enggak dapat suara apa-apa. Ketiga yang juga penting, mereka care, punya kepedulian," kata Gus Choi.

Dia lantas mengambil contoh Manohara Odelia Pinot yang juga hadir dalam acara perkenalan caleg Nasdem itu. "Tadi saya mengobrol dengan Manohara, ternyata dia punya kepedulian besar pada persoalan lingkungan. Dia juga paham saat menyampaikan soal itu," katanya. 

Secara nasional, kata Gus Choi, lebih 20 ribu bacaleg direkrut Nasdem untuk DPR RI dan dan DPRD I dan II. Untuk Jawa Timur, caleg DPR RI sebanyak 87 orang dan caleg DPRD Provinsi sebanyak 120 orang. "Untuk kabupaten/kota belum hapal datanya," katanya. Untuk Jatim, dia menargetkan sedikitnya masing-masing dapil terisi legislator dari Nasdem.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya