Ganasnya Pertarungan Caleg di Dapil DKI, Banyak Pesohor

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra (tengah)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Komisi Pemilihan Umum telah membagi Provinsi DKI Jakarta ke dalam tiga wilayah pertarungan calon anggota legislatif DPR RI pada Pemilu 2019. Nama menteri seperti Imam Nahrawi, politikus muda Tsamara Amany, hingga Yusril Ihza Mahendra akan berebut kursi di dapil ini. 

Ajukan Saksi Tambahan, Putusan Gugatan Mulan Jameela Cs Ditunda

Dari daftar caleg sementara (DCS) DPR RI yang disahkan KPU RI, untuk daerah pemilihan DKI I meliputi Jakarta Timur dengan jumlah enam kursi. 

Di dapil ini, PKB memasang nama Menpora Imam Nahrawi di nomor urut 1. Gerindra memunculkan nama Ketua DPP Habiburokhman dengan nomor urut 1. Sementara itu, PDIP memasang mantan Pemimpin Redaksi Metro TV Putra Nababan di nomor urut 2.

Jusuf Kalla Nilai Pertemuan Jokowi-Prabowo Damaikan Politik Bangsa

Partai Nasdem menempatkan Wanda Hamidah di nomor urut 2. Sebelumnya, Wanda pernah menjadi anggota DPRD DKI Jakarta dari fraksi PAN. 

Wanda Hamidah

#03PersatuanIndonesia Sinyal Baik Pertemuan Jokowi-Prabowo

Politikus Nasdem Wanda Hamidah

PKS di dapil DKI I mendorong nama Mardani Ali Sera dengan nomor urut 1. Mardani juga tengah digadang-gadang menjadi calon wakil gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno yang mundur, karena menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto di Pemilu 2019. Mardani juga dikenal sebagai penggagas gerakan #2019GantiPresiden. Pada Pemilu 2014, Mardani terdaftar sebagai caleg di dapil Jabar VII. 

Sang Alang dan Mardani Ali Sera

Politikus PKS Mardani Sera (kanan) bersama musisi rock Sang Alang.

Di dapil ini, PSI menyisipkan nama Rian Ernest Tanudjaja dengan nomor urut 1. Rian adalah mantan staf Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, saat menjabat gubernur DKI Jakarta. 

PAN menempatkan petahana Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio. Komedian dan presenter televisi ini terdaftar dengan nomor urut 1. Di dapil ini PBB menempatkan Ahmad Yani. Ia adalah mantan anggota DPR RI dari fraksi PPP. 

Di dapil II DKI, istri bos MNC akan bersaing dengan mantan model, politikus muda hingga wakil ketua MPR RI untuk memperebutkan 7 kursi DPR RI dengan wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan luar negeri.

Di dapil II ini Partai Gerindra menempatkan Biem Triani Benjamin alias Biem Benjamin dengan nomor urut 3. Biem adalah putra ketiga seniman Betawi legendaris Benjamin Sueb.

Sebelum menjadi caleg DPR RI, Biem adalah anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Jakarta, yang dikenal karena mengusulkan judicial review yang memungkinkan calon independen untuk mencalonkan diri dalam pemilu daerah. Dia juga mengetuai panitia khusus di DPR untuk merevisi UU Pemerintahan DKI Jakarta. 

Dari PDIP tampak Wakil Sekretaris Jenderal PDI-P Eriko Sotarduga dengan nomor urut 1. Selain itu, kader PDIP lainnya yang masuk adalah anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu dengan nomor urut 4. 

Dari Partai Nasdem muncul nama mantan model Oki Asokawati dengan nomor urut 1. Oki awalnya anggota DPR RI dari fraksi PPP. Dari PKS muncul nama Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. Wakil ketua Majelis Syuro PKS itu terdaftar dengan nomor urut 1.

Perindo menempatkan Liliana Tanaja Tanoesoedibjo di nomor urut 1. Liliana adalah istri Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo yang sekaligus bos media MNC Group. PPP menempatkan Ketua DPP PPP Lena Maryana dengan nomor urut 1. 

PSI menempatkan Ketua DPP Partai Tsamara Amany sebagai caleg dengan nomor urut 1. Nama Tsamara mencuat setelah berkali-kali silang pendapat dengan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.

Sementara itu, Partai Demokrat memasang petahana Melani Leimena Suharli dengan nomor urut 1. Selain anggota DPR RI, Melani juga anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat.

Di dapil DKI III ini, keponakan Prabowo Subianto, mantan wakapolri hingga ketua umum PPP akan bertarung di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu berebut 8 kursi DPR RI.

Di dapil DKI III ini, Gerindra menempatkan Rahayu Saraswati yang akrab disapa Sara dengan nomor urut 1. Ia adalah keponakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan saat ini masih menjadi anggota Komisi VIII DPR RI. 

PDIP memasang dua petahana Charles Honoris yang saat ini menjadi anggota Komisi I DPR RI dengan nomor urut 2. Dan Effendi Muara Sakti Simbolon yang saat ini masih anggota DPR RI di Komisi I dengan nomor urut 5. 

PKS memasang mantan Wakapolri Adang Darajatun dengan nomor urut 2. Adang saat ini menjabat anggota Komisi VI DPR RI. Di dapil ini, Ketua Umum PSI Grace Natalie Louisa akan bertarung dengan nomor urut 5.

Abraham Lunggana alias Haji Lulung

Abraham Lunggana alias Haji Lulung

PAN di dapil ini mengusung Abraham Lunggana alias Haji Lulung dengan nomor urut 1. Lulung adalah wakil ketua DPRD DKI dan merupakan mantan loyalis Ketua Umum PPP kubu Djan Faridz. Sementara itu, PBB menempatkan ketua umum, Yusril Ihza Mahendra dengan nomor urut 1 di dapil ini.

Siapakah yang akan bisa merebut hati rakyat? Kita lihat pada 17 April 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya