Rommy: Zulkifli Ketua MPR Bercita Rasa Oposan

Ketua Umum PPP, Muhammad Romahurmuziy menyampaikan arahan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan, Muhammad Romahurmuziy, menanggapi kritik Ketua MPR Zulkifli Hasan pada pemerintahan Jokowi. Ia menyebut Zulkifli sebagai ketua MPR bercita rasa oposan.

Ketum PAN Zulhas Bantah Ketemu Jokowi Bahas Reshuffle Kabinet

"Itu sebagai ketua MPR yang bercita rasa oposan. Ya karena memang itu posisinya oposisi," kata Rommy di gedung DPR, Jakarta, Kamis 16 Agustus 2018.

Ia memahami kritik Zulkifli terhadap pemerintah sebagai konsekuensi otomatis. Sebab, Zulkifli yang juga ketua umum PAN telah mengambil sikap sebagai oposisi.

PAN Putuskan Setuju Pemilu 2024 Ditunda

"Positioning-nya sudah mengambil oposan dan baru beberapa hari yang lalu kadernya memutuskan resign dari kabinet," kata Rommy.

Saat ditanya soal etika politik, ia mempersilakan publik menilainya. Sebab, publik yang akan menegakkan etika itu.

Zulkifli Hasan soal Minyak Goreng: Presiden Sudah Dua Kali Perintah

"Kalau kemudian ada kenaikan harga dalam saat saat tertentu apakah terkompensasi 1 tahun atau tidak. Kami harus melihat parameter ekonomi itu jangka panjang, bukan sesaat-sesaat," kata Rommy.

Sebelumnya, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Zulkifli Hasan, menilai, utang pemerintah pusat saat ini sudah di luar batas kewajaran. Sebab, sudah di luar batas kemampuan negara untuk membayar.

Pernyataan itu dikatakannya di depan Presiden Joko Widodo beserta jajaran menteri Kabinet Kerja dalam pidato Sidang Tahunan MPR RI yang digelar hari ini, Kamis, 16 Agustus 2018.

Menurut Zulkifli, utang pemerintah yang setiap tahun terus bertambah merupakan pola utang yang tidak aman bagi negara. Sebab, saat ini rasio utang pemerintah terhadap produk domestik bruto dikatakannya telah mencapai 30 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya