Prabowo Dapat Penghargaan The Star of Soekarno pada HUT RI ke-73

Prabowo terima penghargaan The Star of Soekarno
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Bakal calon Presiden RI Prabowo Subianto mendapatkan penghargaan The Star of Soekarno dari Universitas Bung Karno (UBK). Penghargaan ini diberikan oleh pendiri Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS) Rachmawati Soekarnoputri kepada Prabowo saat upacara HUT Kemerdekaan ke-73 RI di UBK.

Yakin Sudah Dipikirkan Prabowo, PAN Tak Khawatir jika Ada Partai Lain Gabung Koalisi

"Penghargaan ini saya berikan kepada Prabowo Subianto. Penghargaan serupa pernah saya berikan kepada Pak Mahathir Mohamad, kepada Presiden Hugo Chavez dan pemimpin besar Kim-Jong un juga kepada Fidel Castro dan seterusnya," kata Rachmawati saat memberikan penghargaan tersebut di Jakarta, Jumat 17 Agustus 2018.

Rachmawati berharap agar ke depan, Prabowo dapat memimpin Indonesia dan membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. "Semoga Beliau dapat memimpin bangsa Indonesia di masa depan," ujarnya.

Jokowi: Prabowo-Gibran Harus Siapkan Perencanaan untuk Wujudkan Janji Kampanye

Penghargaan ini kata Rachma, diberikan UBK kepada tokoh dunia yang dianggap berjasa dalam mewujudkan perdamaian dunia dan menjunjung tinggi HAM.

Seperti diketahui, pada tahun 2001, YPS pernah memberikan anugrah Star of Soekarno kepada 13 pemimpin dan kepala negara. Di antaranya kepada Ho Chi Min dari Vietnam, Jawaharlal Nehru dari India, Sun Yat Sen dari China, Norodom Sihanouk dari Kamboja, George Washinton dari Amerika Serikat, Josep Broz Tito dari Yugoslavia. Juga kepada Ahmed Ben Bella dari Aljazair, Charles De Gaulle dari Prancis, Yaser Arafat dari Palestina, Nelson Mandela dari Afrika Selatan, Kim Il Sung dari Republik Korea, Saddam Hussein dari Irak, Ki Hajar Dewantara dari Indonesia dan pada tahun 2011 kepada Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie.

Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024, AHY: Saatnya Rekonsiliasi

Pada tahun 2015, The Star of Soekarno juga pernah diberikan kepada PM Malaysia Tun Mahathir Bin Mohamad, mantan Presiden Kuba Fidel Alejandro Castro Ruz, mantan Presiden Venezuela Hugo Rafael Chavez dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Selain menerima penghargaan, Prabowo bersama Rachmawati juga melakukan peletakan bunga di depan patung raksasa Ir Soekarno yang terletak di area kampus UBK. Dalam upacara ini, Prabowo didampingi oleh Titiek Soeharto, Amien Rais dan juga Sandiaga Salahuddin Uno. (ren)

Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Al Habsy saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin, 8 Mei 2023.

Sekjen PKS: Selamat Bertugas kepada Pak Prabowo dan Wakilnya

Sekretaris Jenderal PKS hadir dalam pengumuman KPU kepada presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo-Gibran. Ia turut mengucapkan selamat kepada KPU.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024