Jokowi dan Prabowo Dijadwalkan Bertemu

Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Kedua calon presiden yang akan bertarung di Pilpres 2019, Joko Widodo dan Prabowo Subianto, dijadwalkan akan bertemu. Pertemuan itu diharapkan bisa menurunkan tensi politik yang memanas.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

"Pak Jokowi sudah oke. Pak Prabowo sudah oke. Nanti tinggal diatur. Yang penting 17-an kelar dulu deh," kata Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 17 Agustus 2018.

Setelah Pilpres 2014 lalu, beberapa kali Prabowo dan Jokowi memang sempat bertemu. Keduanya juga saling menghormati. Termasuk saat Prabowo datang ke pelantikan Jokowi sebagai Presiden RI ke-7 pada Oktober 2014.

Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi

Pada pendaftaran sebagai capres ke KPU 10 Agustus 2018 lalu, Jokowi juga memberikan ucapan selamat kepada Prabowo dan Sandiaga Salahudin Uno, yang bakal menjadi rivalnya pada Pilpres 2019. Zulkifli, yang juga Ketua MPR, mengakui memang pertemuan kedua capres itu diharapkan bisa membuat pemilu 2019 menjadi lebih baik.

"Kan kami ingin agar tahun politik ini Pilpres itu sesuatu yang biasa. Pertandingannya itu, jangan, ini kan kontestasi biasa," katanya.

Khawatir Ada Aksi saat Putusan Sengketa Pilpres, TKN Siapkan Satgas Khusus

Meski demikian dia mengakui, gesekan-gesekan dalam perjalanan pilpres nanti tetap berpotensi terjadi. Karena itu, semua pihak harus bisa menjaga kondusivitas. 

"Kami berharap dalam kontestasi itu, friendly. Bolehlah sedikit-sedikit gesekan. Tapi jangan sampai keras," katanya.

Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (MWL) Syekh Mohammed Al-Issa.

Organisasi Liga Muslim Dunia Ucapkan Selamat ke Prabowo: Semoga RI Makin Maju

Presiden terpilih RI 2024-2029, Prabowo Subianto kembali menerima ucapan selamat atas kemenangannya dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024