Ketua DPR Minta KPU Verifikasi Dugaan Data Pemilih Ganda

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo
Sumber :

VIVA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Bambang Soesatyo, merespons dugaan adanya 25 juta pemilih ganda dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS). Komisi Pemilihan Umum (KPU) diminta segera melakukan verifikasi terhadap dugaan data ganda tersebut sebelum menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Bamsoet Nilai Sistem Demokrasi Pemilu Langsung Perlu Dikaji Ulang karena Marak Politik Uang

"Dan menginformasikan hasil verifikasi tersebut kepada masyarakat agar tidak menimbulkan keresahan," kata politikus yang akrab disapa Bamsoet itu dalam keterangannya, Rabu 5 September 2018.

Bamsoet juga mendorong agar Komisi II DPR agar meminta KPU untuk lebih memperhatikan hasil sensus penduduk dari lembaga yang berwenang. Nantinya hasil ini dapat digunakan untuk disandingkan dengan DPT yang ada.

Bamsoet Ingatkan AHY soal Mafia Tanah Kerap Berkolaborasi dengan Mafia Peradilan

"Mengingat hasil sensus tersebut belum tentu valid, karena seiring berjalannya waktu kemungkinan ada warga yang meninggal dunia atau yang usianya telah memasuki usia wajib pilih," lanjut Bamsoet.

Kemudian, ia menilai perlu adanya pemutakhiran data pemilih. "Agar tidak terjadi kecurangan dalam pelaksanaan pemilu," kata Bamsoet.
    
Sebelumnya, para sekretaris jenderal partai koalisi pengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyampaikan dugaan identitas ganda pada Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilu 2019.

Airlangga Bungkam soal Rumor Dia Jadi Calon Ketua Umum Golkar Lagi

Kubu Prabowo menyebut ada 25 juta identitas ganda dari 137 juta pemilih yang terdaftar dalam DPS Komisi Pemilihan Umum (KPU). Oleh karena itu, mereka meminta agar KPU tidak merilis Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebelum memastikan benar-benar tidak ada data ganda.

Ketua TKN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid didampingi Deputi Kanal Media TPN Ganjar Mahfud, Karaniya Dharmasaputra saat jumpa pers di Solo

Bamsoet Sebut Ketua TPN Ganjar-Mahfud Bakal Sowan ke Prabowo

Waketum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengatakan Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid akan bersilaturahmi menemui calon Presiden pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024