Ridwan Kamil: Tak Usah Ditanya Lagi, 2019 Saya Dukung Jokowi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai pelantikan di Istana Negara
Sumber :
  • VIVA / Agus Rahmat

VIVA – Gubernur Jawa Barat yang baru, Ridwan Kamil, memastikan akan mendukung pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Bahkan, ia siap berada di tim sukses.

Survei PWS: Kepuasan Rakyat Terhadap Kinerja Jokowi-Maruf Turun

Hanya saja, keberadaan di tim sukses menurutnya harus melihat aturan terlebih dahulu. Apakah bisa, gubernur juga menjadi tim sukses pasangan calon. Meski saat Ahmad Heryawan, gubernur Jawa Barat sebelumnya, menjadi ketua tim sukses Prabowo-Hatta pada Pilpres 2014.

"Saya ikut aturan dulu, kalau tidak melanggar. Saya kira dulu juga Pak Aher (Ahmad Heryawan) ketua tim suksesnya Pak Prabowo kan. Kalau tidak melanggar aturan tentunya ini hak politik, tidak masalah," kata pria yang akrab disapa Emil itu, di Istana Negara, Jakarta, Rabu 5 September 2018.

Survei SMRC: Kepuasan Terhadap Kinerja Jokowi Turun Jadi 68,5 Persen

Ia ingin memastikan terlebih dahulu, aturannya seperti apa. Jika memang sudah berubah, dan mengharuskan kepala daerah tidak berada di tim sukses, ia akan mendukung secara non-formal.

Mantan wali kota Bandung itu memastikan, tidak akan berpaling ke dukungan yang lain.

Buka Bersama, Sekjen Parpol Pendukung Jokowi-Maruf Harap Makin Solid

"2019 saya dukung Pak Jokowi, sudah clear. Tidak usah ditanyakan lagi," katanya.

Setidaknya, selain Emil, ada beberapa gubernur yang menyatakan mendukung Jokowi sebagai Presiden RI untuk periode kedua. Yakni Gubernur Nusa Tenggara Barat M. Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang, bahkan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Selain itu, ada Gubernur terpilih Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, yang menyatakan mendukung Jokowi di 2019. Khofifah sebelumnya menjabat menteri Sosial Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya