Kamis Ini, Jokowi dan Prabowo Sama-sama ke Jatim

Joko Widodo dan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA - Dua bakal calon presiden, Joko Widodo, dan Prabowo Subianto, akan berkunjung ke Jawa Timur pada Kamis besok, 6 September 2018. Keduanya sama-sama akan berkunjung ke lingkungan masyarakat santri mayoritas warga Nahdlatul Ulama, cuma beda lokasi.

Tanggapi Ide Prabowo Bentuk 'Presidential Club', Hasto Bilang PDIP Punya Tradisi 'Klub Kerakyatan'

Jokowi dijadwalkan berkunjung ke Jawa Timur dalam kapasitasnya sebagai presiden. Sesuai jadwal yang diterima wartawan, tiga acara resmi yang akan dihadiri oleh Jokowi yakni membuka kuliah umum dan Rapat Koordinasi Nasional Badan Pembina Lembaga Pendidikan PGRI di Universitas Adibuana Surabaya.

Setelah itu, Kamis siang, Jokowi bersama Ibu Negara bergerak menuju Pondok Pesantren Amanatul Ummah di Pacet, Kabupaten Mojokerto, dan bersilaturrahim dengan sang pengasuh, KH Asep Saifuddin Chalim. Diketahui, Kiai Asep adalah juru bicara para kiai-santri pendukung Khofifah Indar Parawansa saat Pemilihan Gubernur Jatim beberap waktu lalu.

Tanggapi Isu Prabowo Bakal Punya 40 Menteri, Ganjar Ingatkan Buruknya "Politik Akomodasi"

Setelah dari pesantren, Jokowi dijadwalkan menghadiri acara penyerahan 5.000 sertifikat untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan Mojokerto, di gedung International Expo Jatim Jalan A Yani Surabaya.

"Besok tugas saya terakhir mendampingi Pak Presiden kunjungan ke Jawa Timur, setelah itu besoknya serah terima jabatan oleh Pak Kapolri dari saya ke Kapolda Jawa Timur yang baru," kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin, pada Rabu, 5 September 2018. Pernyataannya itu sekaligus mengkonfirmasi kunker Jokowi tersebut.

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

Di hari yang sama, Prabowo Subianto juga melakukan kunjungan ke Jawa Timur. Sesuai jadwal yang diterima VIVA dari pengurus DPD Gerindra Jatim, dua daerah akan didatangi oleh petinggi Partai Gerindra itu, yakni berziarah ke makam para pendiri Nahdlatul Ulama di Kabupaten Jombang dan Bangkalan, Madura.

Di Jombang, Prabowo akan berziarah di makam pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari di Pondok Pesantren Tebu Ireng. Di sana, berada pula makam putra dan cucu Mbah Hasyim, yakni KH Wahid Hasyim dan KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Setelah itu, Prabowo berziarah ke makam pendiri NU yang lain di Pesantren Tambak Beras Jombang, KH Wahab Chasbullah.

Dari Jombang, Prabowo kemudian menuju Bangkalan untuk berziarah ke makam Syaikhuna Kholil, guru dari para pendiri dan banyak ulama Nusantara. "Hanya itu saja Pak Prabowo kegiatannya besok, setelah dari Bangkalan kemudian balik ke Surabaya," kata Sekretaris Gerindra Jatim, Anwar Sadad, dihubungi VIVA pada Rabu malam.

Dia menjelaskan, makam para pendiri NU diziarahi karena bagi Prabowo organisasi masyarakat terbesar itu sangat berperan dalam berdirinya Republik Indonesia. Tokoh-tokoh NU terlibat aktif dalam perjalanan bangsa ini.
"Sehingga, merasa perlu untuk mengambil spiritnya melanjutkan perjuangan ke depan," ujar Sadad.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya