Rupiah Melemah, Ketua DPR Imbau Masyarakat Tetap Tenang

Wakil Koordinator Bidang Pratama Golkar Bambang Soesatyo
Sumber :

VIVA – Melemahnya nilai tukar rupiah mencapai Rp15.000 per dolar Amerika Serikat (AS) berdasarkan data Bank Indonesia pada 06 September 2018 lalu, menjadi perhatian Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. Ia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan percaya bahwa pemerintah sedang memikirkan solusi terbaik.

1.489 Personel Gabungan Kawal Demo Depan Gedung DPR, Pengalihan Arus Situasional

“DPR dan pemerintah bersama-sama dunia usaha termasuk Kadin di dalamnya sedang berusaha mencari solusi yang tepat. Inilah saatnya kita tunjukan kepedulian kita pada negara dan bergandengan tangan untuk mengatasi pelemahan rupiah,” papar Bamsoet, sapaan akrab Ketua DPR RI, dalam rilisnya, Kamis 7 September 2018.

Bamsoet menuturkan, DPR RI juga telah meminta  Kementerian Keuangan sebagai otoritas fiskal dan Bank Indonesia (BI) sebagai otoritas moneter agar lebih kreatif melancarkan jurus-jurus yang tepat dalam menghadapi pelemahan rupiah. Diantaranya, melakukan akselerasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) semaksimal mungkin, karena saat ini APBN merupakan sumber penting dalam memutar ekonomi nasional.

Ada Demo di Depan DPR, Arus Lalu Lintas dari Semanggi ke Slipi Dialihkan

Selanjutnya, kata politisi Partai Golkar itu, dengan memberikan kemudahan akses ke institusi keuangan, khususnya perbankan. Kebijakan kredit tanpa jaminan harus diperluas untuk sektor-sektor produktif usaha kecil menengah rakyat.

“Perlu juga dilakukan perluasan Bantuan Tunai Langsung (BTL). Tujuannya, untuk menyangga daya beli rakyat yang tergerus karena menurunnya penerimaan rumah tangga, sementara harga-harga kebutuhan pokok terus melonjak,” lanjut Bamsoet.

Belum Ada Pengalihan Arus Buntut Demo Mahasiswa- Pelajar di DPR, Polisi sebut Situasional

Tak kalah penting, Bamsoet juga mendorong percepatan proyek-proyek padat karya agar dapat menyerap tenaga kerja di daerah. “Terakhir, memberikan insentif atau pengurangan pajak terhadap barang-barang dan produk tertentu agar Indonesia bisa menjadi surga belanja bagi turis-turis mancanegara,” tandasnya. (dpr.go.id)

Pengamanan Demo di KPU dan Bawaslu

Aparat Gabungan Bersiaga di KPU dan DPR Jelang Penetapan Hasil Pemilu

Ribuan personel dikerahkan untuk mengawal jalannya rekapitulasi suara tingkat nasional di Kantor Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) hari ini Rabu, 20 Maret

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024