Cak Imin Sebut Sikap Demokrat Menambah Kekuatan Jokowi

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar mengatakan, sikap Demokrat dalam kaitan pemilihan presiden 2019 harus disyukuri. Sebab, kondisi itu berarti menambah kekuatan kubu Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Bahkan, ia berharap lebih banyak dua kaki.

Pidato Lengkap Prabowo Subianto Usai Ditetapkan sebagai Presiden Terpilih

"Disyukuri karena menambah kekuatan, menambah konstituen pendukung, tentu setiap orang individu punya hak menentukan pilihannya," kata Cak Imin, sapaannya, di gedung DPR, Jakarta, Rabu 12 September 2018.

Menurutnya, tidak ada satu pun yang berhak memaksa atau meminta pihak lainnya. Ia menyimpulkan hal ini sebagai demokrasi bentuk baru.

Prabowo Terkesan Anies-Cak Imin Hadiri Penetapan Presiden dan Wapres Terpilih di KPU

"Formasi baru di mana pendukung partai tertentu ikut mendukung capres yang lain. Itu fenomena yang menurut saya baru. Tetapi buat kami, pendukung Pak Jokowi dan KH Ma'ruf ini berkah. Banyak-banyak saja yang dua kaki kalau bisa," kata Cak Imin.

Lalu, bagaimana secara etika politik? 

Cak Imin Serahkan 8 Agenda Perubahan PKB ke Presiden Terpilih Prabowo Subianto

Ia menambahkan, hal itu menjadi urusan internal organisasi. Adapun soal etika tiap partai memiliki persepsi, dan mekanisme masing-masing.

"Ya enggak tahu (Demokrat akan tetap dukung Prabowo), saya juga enggak tahu. Yang penting kan yang di permukaan kayak apa, di publik menyatakan mendukung kepada Pak Jokowi, ya Alhamdulillah," kata Cak Imin.

Ia mengatakan, sikap Demokrat saat ini sama dengan saat Pilpres 2014. "Ya sama saja. Pokoknya yang penting tidak ada kisruh, masing-masing saling menghormati," kata Cak Imin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya