Survei LSI: 5 Partai Ini Terancam Gagal Lolos ke Parlemen 2019

Penetapan nomor urut parpol peserta Pemilu 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Sebanyak lima partai peserta pemilu terancam gagal lolos ke parlemen di pemilu tahun depan. Lima partai itu menurut hasil riset Lingkaran Survei Indonesia atau LSI Denny J.A mendapatkan elektabilitas tak lebih dari empat persen.

Dipecat Jelang Pelantikan, Pendukung Caleg Gerindra Unjuk Rasa

Mereka ialah Partai Keadilan Sejahtera (3,9%), Partai Persatuan Pembangunan (3,2%), Partai Nasdem (2,2%), Partai Perindo (1,7%) dan Partai Amanat Nasional (1,4%).

"Dengan margin of error 2,9 persen, partai di papan tengah bawah ini mungkin lolos mungkin tidak lolos," kata Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, saat menyampaikan keterangan pers di kantornya Jalan Pemuda, Jakarta, Rabu 12 September 2018.

Cerita Miris Ketua KPU soal Serangan Siber di Pemilu 2019

Mengikuti lima partai tersebut parpol dengan elektabilitas terendah diantaranya Partai Hanura, Partai Bulan Bintang, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Berkarya, Partai Garuda, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia. Enam partai itu dipilih oleh 1.200 responden tak lebih dari satu persen.

Menurut Adjie, kalau tak ada gebrakan, partai yang diklasifikasikan papan bawah kemungkinan besar sulit mengejar ambang batas parlemen atau parliamentary treshold, seperti yang ditetapkan undang-undang sebanyak empat persen.

Rommy Salahkan OTT KPK Bikin Suara PPP Jeblok di Pileg 2019

"Ini juga sangat tergantung pada strategi masing - masing partai politik," kata dia.

Di peringkat teratas PDIP masih unggul dengan raihan 24,8 persen, Partai Gerindra 13,1 persen, Partai Golkar 11,3 persen, Partai Kebangkitan Bangsa 6,7 persen, dan Partai Demokrat 5,2 persen.

LSI menggunakan metode multistage random sampling, dan wawancara tatap muka model kuesioner. Adapun dalam pengumpulan data dilakukan pada 12-19 Agustus 2018.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya