Fadli Zon: DPR dan Pemerintah Solid Dukung Kemerdekaan Palestina

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon bersama delegasi Palestina
Sumber :

VIVA – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyampaikan, dukungan Indonesia secara keseluruhan baik, dari DPR RI dan Pemerintah Indonesia beserta seluruh rakyatnya solid terhadap kemerdekaan Palestina. Pernyataan tersebut disampaikan saat pertemuan bilateral dengan delegasi Palestina, di sela-sela sidang The 2nd World Parliamentary Forum on Sustainable Development (WPFSD).

Aparat Gabungan Bersiaga di KPU dan DPR Jelang Penetapan Hasil Pemilu

“Dengan Palestina, tentu saja kita menyampaikan dukungan yang sangat solid ya, baik pemerintah maupun DPR, terhadap kemerdekaan Palestina,” kata Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) itu kepada delegasi Palestina di Ruang Pertemuan Bilateral WPFSD ke-2 di Bali, Kamis 13 September 2018.

Terkait dengan kebijakan Amerika Serikat (AS) pada pertengan Mei 2018 yang secara resmi memindahkan Kedutaan Besarnya di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem, DPR RI sangat menyesalkan sikap AS ini. Padahal kebijakan tersebut telah mengundang kecaman keras dunia internasional. Uni Eropa, Jerman dan Perancis juga sudah mendesak Presiden AS Donald Trump agar tidak mengambil tindakan gegabah mengubah status quo Yerusalem antara Israel dan Palestina.

1.489 Personel Gabungan Kawal Demo Depan Gedung DPR, Pengalihan Arus Situasional

Pemerintah Indonesia bahkan juga aktif melobi negara-negara Islam dunia yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Tujuannya agar negara-negara OKI itu turut menolak pemindahan Kedubes AS ke Yerusalem. Pemindahan Kedubes ini sebagai salah satu upaya pemenuhan janji kampanye Presiden AS Donald Trump.

“Dan kita juga menyampaikan, bahwa DPR RI termasuk ikut menyesalkan pemindahan kantor kedutaan besar Amerika di Yerusalem,” ujar Fadli.

Ada Demo di Depan DPR, Arus Lalu Lintas dari Semanggi ke Slipi Dialihkan

Dukungan masayarakat Indonesia kepada Palestina pun sangat nyata. Saat ini Rumah Sakit Indonesia di Gaza sudah beroperasi selama enam tahun. Kehadirannya menjadi sangat krusial di tengah warga Gaza.

“Saya kira komitmen kita bersama rakyat Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina itu tidak pernah berubah. Dan sudah banyak bantuan-bantuan yang diberikan, baik dari sisi fisik oleh masyarakat Indonesia, dengan membuat rumah sakit di Gaza,” jelas Fadli.

Politisi Partai Gerindra itu juga menambahkan, dukungan Indonesia di Inter Parliamentary Union (IPU) dalam forum voting telah memenangkan Palestina.

“Dan juga dukungan parlemen dalam isu Palestina itu selalu kita sampaikan, termasuk yang terakhir di IPU pada Maret lalu. Ketika kita mengambil voting tentang resolusi, dan akhirnya resolusi tentang Palestina itu yang bisa dimenangkan,” imbuh Fadli. (dpr.go.id)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya