Kubu Jokowi Tak Takut Manuver Prabowo Rebut Suara Gusdurian

Sinta Nuriyah, istri almarhum Gus Dur, memberikan buku kepada Prabowo Subianto
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA – Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Kerja Joko Widodo-Ma'ruf Amin tak khawatir dengan strategi rebutan suara Gusdurian. Hal ini setelah manuver bakal calon presiden Prabowo Subianto yang ikut sowan ke keluarga Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Yusril Sindir Mahfud soal Narasi dan Petitum Gugatan Sengketa Pilpres Tak Sejalan

"Saya kira begini, Gusdurian ini bagian dari keluarga besar NU. Kalau kita lihat sejarahnya Nahdliyin kan memang tidak pernah satu. Jadi pasti ada elemen yang berbeda, meskipun arus utamanya ada di sini," kata Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Arsul Sani di Media Center Cemara, Jakarta, Jumat 14 September 2018.

Arsul memastikan arus utama kelompok NU saat ini berada di kubu Jokowi. Sebab, Rais Aam PBNU Ma'ruf Amin menjadi calon wakil presiden yang mendampingi Jokowi di Pemilu 2019. Meskipun status Ma'ruf non aktif dari posisi tersebut.

Rumor Ganjar Ditawari jadi Menteri Prabowo, Gibran: Yang Nawari Siapa?

"Kalau bicara arus utama saat ini, kami yakin bahwa pasti mendukung ke Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf Amin," sebutnya.

Baca: Yenny Wahid Laris Manis Dipinang Prabowo dan Jokowi

KPU Sebut Kubu Anies Aneh, Baru Gugat Pencalonan Gibran Setelah Penetapan Hasil

Kemudian, Arsul juga menambahkan, sudah melakukan pengecekan langsung di lapangan. Menurutnya, ia telah menanyakan langsung kepada kader NU arus bawah di daerah.

"Saya baru kembali ke beberapa daerah, saya tanya sama teman-teman NU. Terlepas soal katakanlah kritik terhadap pemerintah di kalangan Nahdliyin, tapi bagi kalangan Nahdliyin karena yang jadi cawapres itu Rais Aam dan kiai senior dari kalangan Nahdliyin," tutur Arsul.

Sebelumnya, Prabowo Subianto menyambangi kediaman Gus Dur di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Kamis, 13 September 2018. Prabowo dan rombongan bertemu dengan putri Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid alias Yenny Wahid dan istri Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid.

Baca: Bila Yusril Dukung Jokowi, Alumni PA 212 Mundur Nyaleg dari PBB

Prabowo mengatakan, dalam pertemuan tersebut membahas banyak hal terutama mengenai demokrasi yang ada di Indonesia. Prabowo mengatakan sangat nyaman dengan keluarga besar NU.

Adapun sebelum Prabowo, capres petahana, Joko Widodo sudah sowan ke keluarga Gus Dur pada Jumat, 7 September 2018. Bahkan, Jokowi dari Istana langsung bertandang ke rumah Gus Dur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya