PAN Ingin Rekomendasi Ijtima Ulama II Bikin Pilpres Teduh

Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan, Ijtima Ulama II tidak perlu dibatalkan. Karena, dalam pertemuan itu tidak melahirkan keputusan yang harus dijalankan, tetapi melahirkan rekomendasi yang bisa dijalankan bisa tidak.

Ikut Ijtima Ulama, Habib Bahar Siap Dukung Anies-Cak Imin di Pilpres 2024

"Begini, yang namanya ijtima ulama itu kan pada akhirnya melahirkan rekomendasi. Tidak ada keharusan agar dilaksanakan. Jadi, menurut saya, ijtima ulama biarkan saja berjalan. Apapun keputusan Ijtima Ulama itu kan sifatnya rekomendasi. Rekomendasi kan, artinya bisa diikuti bisa juga tidak," kat Eddy di Hotel Grand Paragon, Jakarta Barat, Minggu 16 September 2018.

Eddy berharap, apa yang dihasilkan dari Ijtima Ulama itu dapat menambah kondusifitas pesta demokrasi lima tahunan di Tanah Air. Meski arah dukungan Ijtima Ulama kuat ke arah koalisi Prabowo-Sandi, namun ia enggan berandai-andai terkait hal tersebut.

Anies - Cak Imin Teken Pakta Integritas Ijtima Ulama, FPI Bisa Dipulihkan Lagi?

"Tapi tunggu saja, hasilnya kembali lagi jika itu menguatkan demokrasi kita, membuat teduh pesta demokrasi kita, baik itu pilpres maupun pileg, kemudian menguatkan keutuhan bangsa, tentu kami dukung," ujarnya

Sejauh ini, menurut Eddy, PAN sudah menjalankan sebagian rekomendasi Ijtima Ulama jilid I, yakni dengan menjadikan Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden. Pada ijtima ulama II ini, diharapkan hal yang belum disepakati dapat didiskusikan untuk tercapai kesepakatan bersama.

Anies-Cak Imin Resmi Tandatangani 13 Poin Pakta Integritas dan Ijtima Ulama Habib Rizieq Shihab

"Di Ijtima Ulama pertama, kami memenuhi sebagian rekomendasi, Pak Prabowo kami dorong maju. Meskipun ada yang belum terpenuhi, kami berharap di Ijtima Ulama II ini ada hal yang bisa didiskusikan juga bersama oleh pasangan capres cawapres kita. Agar, hasilnya bisa diterima bersama," ujarnya.

Habib Bahar bin Smith

Beri Dukungan, Habib Bahar Ultimatum Anies-Cak Imin: Jangan Sampai Berkhianat

Bahar bin Smith atau yang akrab disapa Habib Bahar menekankan kepada Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) agar tidak mengkhianati rakyat apabila nanti terpilih

img_title
VIVA.co.id
4 Januari 2024