Deklarasi Dukungan, Bara Baja Yakin Jokowi-Ma'ruf Mampu Satukan Bangsa

Bara Baja mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf Amin
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fikri Halim

VIVA – Barisan Relawan Bhinneka Jaya (Bara Baja) mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk maju dalam Pilpres 2019. 

Survei PWS: Kepuasan Rakyat Terhadap Kinerja Jokowi-Maruf Turun

Sekretaris Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja, Hasto Kristiyanto mengatakan, hal ini sesuai dengan kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf yang membuka ruang ekspresi bagi seluruh masyarakat untuk menyatakan dukungannya kepada Jokowi-Ma'ruf Amin. 

"Deklarasi Bara Baja sebagaimana cermin masyarakat merespons positif bagi kepemimpinan Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf," ujar Hasto di Rumah Aspirasi Jokowi-Ma'ruf, Jalan Proklamasi Nomor 46, Menteng, Jakarta, Minggu, 16 September 2018.

Survei SMRC: Kepuasan Terhadap Kinerja Jokowi Turun Jadi 68,5 Persen

Di tempat yang sama, Ketua Bara Baja, Soelianto Rusli mantap menyatakan dukungannya kepada Jokowi-Ma'ruf Amin. Alasannya, Jokowi-Ma'ruf dinilai mampu menjadi pemersatu bangsa. 

"Untuk ke depannya, kami berharap dua sosok ini bisa menjaga NKRI dan keutuhan bangsa ini. Saya juga akan memerintahkan beberapa DPD (Dewan Perwakilan Daerah) untuk deklarasi," ujarnya. 

Buka Bersama, Sekjen Parpol Pendukung Jokowi-Maruf Harap Makin Solid

Sementara itu, Pembina Bara Baja Djarot Saiful Hidayat mengatakan, perjuangan masyarakat di daerah dan dukungan ini menunjukkan bahwa Jokowi-Ma'ruf Amin harus menang di Pilpres 2019.

"Mari kita berjuang menyampaikan gagasan dan program yang jelas tanpa mencampurkan dengan Sara. Jangan kotori dengan politik Sara. Kita tetap yakin bahwa pada akhirnya kebenaran yang akan menang. Pancasila yang akan menang, jangan ragukan itu," ujarnya. 

Turut hadir dalam acara tersebut, mantan Staf Khusus Presiden sekaligus Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono dan Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Maman Imanulhaq. 

Ratusan Kiai

Sementara itu, ratusan kiai dan pengurus pondok pesantren (ponpes) yang berasal dari seluruh Indonesia menggelar acara silaturahmi di ponpes Asshiddiqiyah, Kedoya, Jakarta Barat, Sabtu malam, 15 September 2018.

Dalam acara silaturahmi itu, sekitar 400 kiai dan pengasuh ponpes sepakat menyatukan pilihan pada Pilpres 2019. Mereka sepakat untuk mendukung pasangan Joko Widodo dan Kiai Maruf Amin.

Sekjen Majelis Silaturahim Kiai dan Pengasuh Pondok Pesantren Indonedia ( MSKP3I) Arifin Junadi mengatakan, mereka sepakat memilih Jokowi-Ma’ruf sebab  ingin Indonesia benar-benar dipimpin ulama.

“Kami mau Indonesia ini dipimpin yang benar-benar ulama, bukan yang cuma dekat dengan ulama,” ujar Arifin, di Jakarta, Minggu, 16 September 2018.

Dia pun meyakini, Kiai Ma’ruf bisa membawa suara para ulama dan dijalankan langsung dalam pemerintahan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya