Ijtima Ulama II Dukung Prabowo, Kubu Jokowi Optimistis Ada Kiai Ma'ruf

Safari Pesantren Ma'ruf Amin di Jawa Timur
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

VIVA – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan sekaligus Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN), Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto, optimistis hasil Ijtima Ulama II tak akan mempengaruhi pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Ikut Ijtima Ulama, Habib Bahar Siap Dukung Anies-Cak Imin di Pilpres 2024

Hal itu dikemukakan Hasto menanggapi hasil Ijtima Ulama II yang mendukung pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Ijtima Ulama II digelar Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama, di Jakarta, Minggu, 16 September 2018.

Apalagi, menurut Hasto, ada Ma'ruf yang merupakan sosok ulama yang dihormati di Tanah Air. "Kalau kita lihat pasangan Pak Jokowi adalah Pak Kiai Ma'ruf, sosok pengayom, sosok ulama yang begitu dihormati," kata Hasto di Rumah Aspirasi Jokowi-Ma'ruf, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 16 September 2018.

Anies - Cak Imin Teken Pakta Integritas Ijtima Ulama, FPI Bisa Dipulihkan Lagi?

Hasto mengatakan, meski Ma'ruf merupakan sosok ulama yang dihormati di Indonesia, namun semua punya hak untuk memilih siapa yang akan mereka pilih di Pemilihan Presiden 2019 mendatang. Pihaknya pasrah ulama yang ada akan memilih siapa. Sebab, hal itu merupakan hak mereka sebagai warga negara. "Tapi apa pun, kebebasan berserikat dan berkumpul itu dijamin oleh konstitusi," ujarnya.

Namun, Hasto optimistis kalau figur Ma'ruf akan membuat para ulama yang ada memilih pasangan Jokowi-Ma'ruf. Hal itu mengingat sikap-sikap yang dimiliki Ma'ruf.

Anies-Cak Imin Resmi Tandatangani 13 Poin Pakta Integritas dan Ijtima Ulama Habib Rizieq Shihab

"Dalam pandangan kami, diajarkan ulama adalah sosok yang harus kita hormati, sosok yang penuh kebijaksanaan, sosok yang membawa harapan bagi masyarakat, berupa upaya-upaya untuk peningkatan kualitas kehidupan berdasarkan moralitas dan etika yang baik," ujar Hasto. 

Hasto menambahkan, "Dengan hadirnya Kiai Ma'ruf sebagai calon wakil presiden yang akan mendampingi Pak Jokowi, ini menunjukkan keindonesiaan kita, kebersamaan kita, antara kekuatan nasionalis dan agamais, bersama dan bersatu untuk Indonesia raya." (ase)

Habib Bahar bin Smith

Beri Dukungan, Habib Bahar Ultimatum Anies-Cak Imin: Jangan Sampai Berkhianat

Bahar bin Smith atau yang akrab disapa Habib Bahar menekankan kepada Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) agar tidak mengkhianati rakyat apabila nanti terpilih

img_title
VIVA.co.id
4 Januari 2024