Capres Cawapres Deklarasikan Kampanye Damai

Capres Cawapres Deklarasikan Kampanye Damai
Sumber :

VIVA – Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada pemilihan umum 2019, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, mendeklarasikan kampanye damai yang diusung Komisi Pemilihan Umum di kawasan Monas, Jakarta, Minggu 23 September 2018.

Mahfud MD: Keputusan Sudah Ada, Negara Harus Terus Jalan

Deklarasi kampanye damai tersebut dibacakan langsung oleh Ketua KPU, Arief Budiman, dan diikuti oleh kedua pasangan calon dan para ketua umum partai politik peserta pemilu dan pilkada serentak 2019.

Arief menjelaskan, deklarasi ini penting dilakukan dalam rangka menguatkan komitmen pasangan calon, kader, maupun relawan dari para peserta pemilu untuk berkampanye secara bersih, baik, dan mendidik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

M Taufik Bantah Pendukung Prabowo-Sandi Ikut Serta dalam Aksi 22 Mei

"Kampanye damai ini untuk meyakinkan pemilih sesuai visi, misi, dan citra pemilu. Upaya ini untuk memberikan pendidikan politik kepada pemilih. KPU berharap, peserta pemilu dapat memanfaatkan masa kampanye yang damai, tertib, tidak sebarkan berita hoax, SARA, politik uang, dan tidak saling menghujat maupun menghina," kata Arief.

Usai membacakan deklarasi, seluruh peserta pemilihan serentak tersebut, kemudian secara bersama-sama melakukan pelepasan burung merpati sebagai bentuk komitmen untuk menjunjung perdamaian.

Sikapi Pemilu 2019, Hayono Isman: Indonesia Dibangun atas SARA

Berikut, pernyataan lengkap Deklarasi Damai Pemilihan Umum tahun 2019:

1. Kami, peserta pemilu tahun 2019 berjanji mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

2. Melaksanakan kampanye pemilu yang aman tertib damai berintegritas tanpa hoax politisisasi SARA, dan politik uang.

3. Melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya