Fadli Zon Minta Petahana Jangan Bikin Aparat Tidak Netral saat Pemilu

Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon.
Sumber :
  • Anwar Sadat

VIVA – Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon menegaskan, hal yang perlu diwaspadai saat kampanye Pemilu justru pada kubu petahana. Sebab, petahana dia nilai bisa menggunakan pengaruh dan kekuasaan, misalnya terhadap aparat.

Jokowi Marah, Fadli Tanya yang Salah Menteri atau Presiden?

"Aparat jadi tak netral, menggunakan instrumen birokrasi atau BUMN atau yang lain. Ini yang perlu diwaspadai petahana. Apakah dia melakukan abuse of power apa tidak di dalam Pilpres," kata Fadli di gedung DPR Jakarta, Senin 24 September 2018.

Menurut dia, petahana harus dipisahkan fungsinya sebagai pejabat sekarang atau calon presiden. Untuk kepentingan kampanye, capres tak boleh gunakan fasilitas negara.  "Misalnya, pesawat kepresidenan tak boleh dipakai dong," kata Fadli.

Jokowi Marah ke Menterinya, Fadli Zon: Bohongan Apa Serius?

Ia menambahkan, koalisinya  memastikan akan terus memperbarui perkembangan dana kampanye. "Saya kira sesuai yang dilaporkan. Kalau negara yang demokrasinya maju, sebetulnya ada partisipasi publik. Di Amerika Serikat, mereka buka sumbangan bagi masyarakat, ada 1 dolar, 200 dolar. Itu nanti ujungnya kan akan diaudit," kata Fadli. (ren)
 

Jokowi Marah hingga Ancaman Reshuffle, Salah Siapa?

Penanganan covid-19 dianggap menjadi tanggung jawab presiden

img_title
VIVA.co.id
1 Juli 2020