Intip Profil Keponakan Prabowo yang Heboh Digadang Jadi Wagub DKI

Politikus Partai Gerindra, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo
Sumber :
  • Rahayu Saraswati

VIVA – Anggota DPR Fraksi Gerindra, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo mencuat, digadang-gadang untuk menjadi calon pengganti Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur DKI. Politikus yang akrab disapa Sara itu mengaku siap, bila memang diberi amanat Partai Gerindra untuk mengisi kursi DKI-2.

NasDem Belum Jelas Oposisi atau Gabung Pemerintah, Cak Imin: Mau Nanya Itu Sungkan

Sara terjun di politik mulai 2014, dengan menjadi calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari Partai Gerindra. Saat ini, ia duduk sebagai Anggota Komisi VIII DPR. Ia juga diplot Fraksi Gerindra di DPR masuk dalam bagian anggota dari Badan Kerja sama Antarparlemen (BKSAP).

Putri Hashim Djojohadikusumo itu saat ini, kembali maju lagi sebagai caleg DPR RI. Sara maju dari daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta III, yang mencakup Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Kepulauan Seribu.

Pagi Ini, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres Terpilih

Digadang menjadi pengganti Sandi, Sara menyerahkan sepenuhnya kepada Partai Gerindra. Ia siap menjalankan amanat tersebut, bila berdasarkan perintah dari ketua umum, sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

"Kalau beliau (Prabowo) yang menunjuk dan memang disepakati DPRD DKI, ya saya harus siap mau tidak mau kan? Tetapi, harus saya pertimbangkan lebih matang lagi," ujar Sara dalam pesan singkatnya kepada VIVA, Selasa 25 September 2018.

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menlu Singapura Atas Kemenangan di Pilpres 2024

Sebelum ke kancah politik, perempuan 32 tahun ini terjun di industri perfilman. Ia pernah mengambil kursus akting di London. Tercatat, Sara pernah membintangi beberapa film seperti Merah Putih dan Gunung Emas Almayer.

Adapun Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon mengatakan, pengganti Sandi masih dibahas oleh internal Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ia mengatakan, tak ada persoalan untuk menentukan figur DKI-2.

Baca: M Taufik: Cawagub DKI dari Gerindra Hanya Satu, Cuma Saya

Terkait kemunculan nama Sara, ia belum bisa banyak bicara. Namun, ia menegaskan, Partai Gerindra dan PKS segera menentukan pengganti Sandi yang maju sebagai cawapres di Pemilu 2019.

"Nanti, kita lihat saja hasilnya. Ini masalah kecil lah, ini enggak terlalu signifikan. Sudah ada pertemuan dengan Pak Prabowo, sudah ada pembicaraan, tinggal nanti eksekusinya saja," tutur Fadli Zon.

Baca: Digadang Jadi Wagub DKI, Sara Keponakan Prabowo: Saya Tak Berambisi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya