Tak Ingin Dipolitisasi, Prabowo Belum Kepikiran Datang ke Palu

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto (kiri) berbincang dengan Ketua DPD Gerindra Jabar terpilih Brigjen TNI (purn) Taufik Hidayat (kanan) saat menghadiri serah terima jabatan ketua DPD Gerindra Jabar di Bandung, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Capres Prabowo Subianto memutuskan untuk tak datang langsung memberi bantuan pada korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Ia tak ingin persoalan ini dipolitisasi.

Tolong! Masih Banyak Korban Gempa Palu di Penampungan Dihantui Corona

"Dalam keadaan hari-hari pertama yang penting tim penanganan Basarnas, pemerintah aparat yang harus leluasa. Kalau kita datang ke sana malah bisa merepotkan dan saya tak mau politisasi," kata Prabowo di kediamannya Jalan Kertanegara 4, Jakarta, Senin 1 Oktober 2018.

Prabowo sadar menilai akan lebih bermanfaat mengirim makanan dan selimut pada para korban. Ia menambahkan pada saatnya nanti akan datang berkunjung langsung.

Melalui MUI, Taiwan Beri Bantuan Rp5 Miliar untuk Korban Gempa Palu

"Tidak berarti kita tidak setia kawan. Tapi mereka aparat butuh ketenangan, paham benar situasi seperti itu ketika nanti direcoki tokoh-tokoh pejabat-pejabat itu nanti. Lebih baik konsentrasi kita beri dukungan lewat pemerintah yaitu pemerintah RI," kata Prabowo.

Terkait perlunya Palu dan Donggala diberi status bencana nasional, ia menyerahkan pada pemerintah. Ia pun mendukung langkah pemerintah.

Presiden Jokowi Pastikan Hunian Korban Bencana Palu Selesai di 2020

"Karena pemerintah visinya luas dan dia harus berpikir luas. Jadi ini bencana ini sangat berat dan nanti pemerintah memikirkannya. Kita mendukung pemerintah," kata Prabowo.

    
    

Pembangunan hunian tetap (huntap) yang dibangun Kementerian PUPR.

Kebut Pembangunan Pasca Gempa-Tsunami di Sulteng, Lebih 5 Ribu Huntap Disiapkan

Hunian tetap atau huntap salah satu upaya pemulihan kerusakan infrastruktur pascabencana gempa bumi dan tsunami, di Sulawesi Tengah pada 28 September 2018 lalu.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2023