Angka Kepuasan terhadap Jokowi Dibanding SBY di Masanya Mengejutkan

Presiden Jokowi terima SBY saat di Istana Negara, beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Setpres/Cahyo Bruri Sasmito

VIVA – Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Djayadi Hanan mengungkapkan sebanyak 73,4 persen masyarakat cukup puas terhadap kinerja Presiden Jokowi. Bahkan bila dibandingkan dengan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2008, kepuasan masyarakat saat itu lebih rendah yakni sebesar 56 persen.

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

"Yang merasa puas (sangat puas dan cukup puas) dengan kinerja Jokowi sebagai Presiden sekitar 73,4 persen, jauh lebih banyak dibanding yang merasa tak puas (kurang puas+tidak puas sama sekali) 25,4 persen," kata Djayadi di Jakarta, Minggu 7 Oktober 2018.

Lalu survei ini juga mengungkapkan garis lurus antara kepuasan kinerja Jokowi dengan keyakinan atas kemampuan Jokowi memimpin. Survei menunjukkan yang merasa yakin dengan kemampuan Jokowi sebesar 71,4 persen. 

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

"Jauh lebih banyak dibanding yang merasa tidak yakin 23,2 persen," kata Djayadi.

Ia menjelaskan, pada 2008 SBY memang mengalami persoalan terhadap isu ekonomi. Meskipun elektabilitas SBY kembali membaik lantaran kebijakan ekonomi yang dianggap tepat.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

"Itu pelajaran penting Jokowi menghadapi 2019 dan pengalaman SBY menjelang Pilpres 2008," kata Djayadi.

Populasi survei dari antara seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilu dengan metode multistage random sampling sebanyak 1220 responden. Response rate 1074. Lalu margin of error kurang lebih 3,05 persen. Survei ini dilaksanakan 7-14 September 2018.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya