Demokrat: Pemilu Tak Seru Kalau Tak Ada Kampanye Negatif

Wakil Direktur Hukum Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Ferdinand Hutahaean.
Sumber :
  • VIVA/Ridho Permana

VIVA – Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Demokrat, Ferdinand Hutahaean menilai kampanye negatif tak dilarang dalam pemilu. Menurutnya, kalau tak ada kampanye negatif  dianggap tak seru.

Masyarakat Minta Richard Lee Setop Kampanye Berbayar, Kliniknya Sampai Digeruduk Massa

"Justru pemilu tak akan seru kalau tak ada kampanye negatif. Coba kalau kampanyenya positif-positif saja, semua bicara program, pemilu kita ini akan lesu, akan tak semangat," kata Ferdinand di gedung DPR, Jakarta, Selasa 16 Oktober 2018.

Ia menjelaskan tujuan kampanye negatif untuk mendegradasi lawan dilengkapi bukti-bukti. Merujuk hal ini, tujuan kampanye negatif bukan untuk hoax atau fitnah.

Muncul Video Sudutkan Prabowo, Dasco ke Kader Gerindra: Tetap Tenang, Jangan Grasak Grusuk

"Kampanye negatif sah saja, boleh-boleh saja. Yang penting tak boleh menggunakan kampanye hitam, itu kan hoax, fitnah. Itu tak boleh. Tapi kalau kampanye negatif, sah saja. Apalagi cuma 20 persen," kata Ferdinand.

Menurutnya, partainya juga men-down grade lawan politiknya dengan isu negatif. Lalu menggunakan kampanye positif untuk meng-upgrade partai atau koalisinya.

AHY: Rakyat Mana yang Ingin Pemilu 2024 Ditunda?

"Tidak mungkin kampanye sejuk-sejuk saja karena kalo kampanye seperti ini ada perbandingan, membandingkan petahana dengan yang lain. Perbandingam itu tujuannya adalah negatif untuk degradasi," ujarnya.

Ia mencontohkan tak mungkin Prabowo Subianto membandingkan kinerja Jokowi lebih baik dari pendahulunya. "Pasti yang dibandingkan kerja Jokowi yang negatif terhadap pendahulunya," kata Ferdinand.

Menkopolhukam Mahfud MD

Mahfud MD Sebut Kampanye Negatif Tak Ada Hukumannya

Menkopolhukam RI, Mahfud MD mengimbau agar peserta Pemilu 2024 menghindari kampanye negatif dan kampanye hitam.

img_title
VIVA.co.id
10 Oktober 2023