Sindir Jokowi, PKS: The Real Genderuwo Itu Siapa?"

Presiden Joko Widodo mengendarai motor menuju Pasar Anyar, Tangerang, Banten, Minggu, 4 November 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ikut merespons ucapan calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo, yang menyebut politik genderuwo. Direktur Pencapresan PKS Suhud Alynudin menilai, politik genderuwo lebih tepat disematkan ke penguasa.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Bagi Suhud, alasan itu karena banyak janji-janji kampanye petahana yang tak mampu ditepati. "Sehingga perlu membuat semacam apologi," kata Suhud saat dihubungi, Jumat, 9 November 2018.

Ia menambahkan, dalam mitos yang dikenal, salah satu sifat genderuwo itu manipulatif. Lalu genderuwo suka menipu mangsanya untuk menutupi wujud aslinya yang buruk dengan berubah wujud.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

"Karena konon genderuwo bisa menyamar menjadi wujud pihak yang ingin dimangsanya," jelas Suhud.

Menurutnya, jika kehidupan ekonomi saat ini dirasakan rakyat semakin berat, dunia usaha lesu, daya beli rakyat lemah. Ia pun mempertanyakan siapa genderuwo sebenarnya. "Jadi the real genderuwo itu siapa?" kata Suhud.

Lembaga Survei yang Hasilnya Akurat dan Kredibel Bakal Jadi Rujukan di Pilpres 2024

Sebelumnya, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding menjelaskan maksud pernyataan Jokowi soal politik genderuwo sebagai suatu pernyataan simbolik.

Karding mengatakan, pernyataan Jokowi ditujukan pada elite politikus yang selalu membangun narasi-narasi propaganda tentang ketakutan dan kegalauan di tengah masyarakat. (ase)

PSMTI Diterima Presiden Jokowi di Istana

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jelang pencoblosan Pemilu 2024, pada 14 Februari pekan depan, masyarakat diimbau agar menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Untuk bisa memilih pemimpin yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2024