DPR: Hari Pahlawan jadi Momentum Tingkatkan Pengabdian Kerja

Sekretaris Jenderal DPD RI Reydonnyzar Moenek bersama Pejabat Sekjen DPR RI.
Sumber :

VIVA – Sekretaris Jenderal DPD RI Reydonnyzar Moenek mengajak kepada seluruh pegawai di lingkungan Kesetjenan MPR/DPR/DPD RI untuk tetap memiliki semangat meningkatkan dan menebalkan pengabdian kepada Indonesia, sebagaimana semangat para pahlawan dahulu saat menghadapi para penjajah.

Peringatan Hari Pahlawan, Bendera Merah Putih Berkibar di Perbatasan RI-Timor Leste

Hal itu ia ungkapkan usai menjadi Inspektur Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dengan tema “Semangat Pahlawan di Dadaku” di Lapangan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (12/11/2018). Upacara ini juga diikuti seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan MPR/DPR/DPD RI.

“Inilah rumah kita bersama Indonesia, kita harus membangunnya secara bersama. Rumah kita bersama, maka kita wajib menjunjung dan mendukung semangat persatuan dan kesatuan, dan dengan semangat kepahlawanan yang tiada henti sebagaimana dulu mereka menghadapi para penjajah,” ungkap Donny, sapaan akrabnya.

Peringati Hari Pahlawan, Wakasal dan Mensos Risma Upacara dan Tabur Bunga di Perairan Teluk Jakarta

Dalam pidatonya, Donny menjelaskan pentingnya peringatan Hari Pahlawan untuk terus menggelorakan semangat tetap mengabdi bagi keutuhan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Semangat itu bisa diwujudkan dalam pembentukan dan pemberian ide dan gagasan, untuk merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Jadi semangat pahlawan perlu banyak yang kita teladani. Dari semangat yang pahlawan yang tiada henti, hingga bagaimana founding father kita betul-betul memberikan dedikasi dan semangat pengabdian yang tiada henti,” katanya sembari menjabarkan bahwa tantangan terbesar Bangsa Indonesia adalah memberantas kemiskinan.

Cak Imin Ziarah Makam Pahlawan Nasional Kiai As'ad di Situbondo, Ingatkan Resolusi Jihad

Sementara Inspektur Utama DPR RI Setyanta Nugroho memandang peringatan Hari Pahlawan tidak hanya sebagai sebuah aktifitas/rutinitas belaka yang dilaksanakan setiap tahun. Tetapi lebih dari itu, peringatan Hari Pahlawan lebih dimaknai bagaimana seluruh masyarakat dapat mengimplementasikan nilai-nilai perjuangan dan pengabdian yang ditiinggalkan oleh para pahlawan terdahulu.

“Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh pegawai DPR/MPR/DPD RI untuk selalu mengingat jasa-jasa pahlawan, yang dimaknai untuk mengejawantahkan nilai-nilai perjuangan para pahlawan. Dan tentunya nilai-nilai itu adalah  diwujudkan ke dalam bentuk bagaimana kinerja kita,” ucapnya.

Totok, biasa ia disapa menjelaskan bahwa pengertian pahlawan yang dilihat dalam pemahaman kekinian di konteks kinerja adalah ketika karya atau hasil kerja dan kinerja dari suatu pekerjaan dapat bermanfaat dan memiliki nilai guna bagi institusi tempatnya bekerja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya