Ma'ruf Amin: Ekonomi Syariah Itu Memberdayakan Umat

Bakal Calon Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

VIVA – Calon wakil presiden nomor urut 01, Kiai Haji Ma'ruf Amin mengatakan ekonomi syariah harus menjadi trigger (pemicu) bagi penguatan ekonomi nasional.

OJK Sebut Keuangan Syariah Belum Optimal Dukung Industri Halal RI

"Karena ekonomi syariah itu juga pada dasarnya pemberdayaan ekonomi umat, antara pemberdayaan ekonomi umat dan ekonomi syariah itu saling menopang," ujar Kiai Ma'ruf Amin dalam acara launching buku "Arus Baru Indonesia" di Hotel Grand Sahid Jakarta, Selasa malam, 13 November 2018.

Artinya, kata Ma'ruf, bahwa ekonomi syariah itu akan kuat kalau banyak umat diberdayakan sehingga mampu menjadi nasabahnya.

BI Proyeksikan Ekonomi Syariah RI 2024 Tumbuh 4,7-5,5 Persen 

"Jadi kalau lembaganya sekarang sudah banyak, penumpangnya masih kurang maka penumpangnya ini adalah nasabah lembaga bank asuransi, karena itu harus diberdayakan supaya penumpangnya menjadi banyak," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, ia menambahkan, arus baru ekonomi Indonesia merupakan ekonomi berkeadilan, ekonomi yang mengimplementasikan sila kelima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

"Menghilangkan kesenjangan antara kaya miskin antar daerah antar produk nasional dengan produk global. Ini supaya tidak jadi kesenjangan," katanya.

Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (BI), Rifki Ismal, dalam diskusi 'Indonesia Waqf Outlook 2024' yang digelar Taha Institute di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 1 Maret 2024.

Potensi Wakaf RI Tembus Rp 180 Triliun, Begini Caranya Bisa Bantu Genjot Ekonomi Berkelanjutan

Kementerian Agama mencatat bahwa sebagai negara dengan populasi muslim terbesar didunia, potensi wakaf di Indonesia sangat besar.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024