LSI: Amien Rais Dikenal Tapi Tak Berpengaruh

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais (tengah).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA - Lingkaran Survei Indonesia mengatakan bahwa berdasar hasil survei terbaru lembaganya, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasonal, Amien Rais, adalah salah satu tokoh agama yang populer. Namun, Amien Rais dianggap tak bisa memengaruhi suara pemilih di Pilpres 2019.

Amien Rais Temui Abu Bakar Ba’asyir di Ngruki, Ada Apa?

"Secara popularitas, Amien Rais adalah tokoh agama yang paling dikenal. Mereka yang mengaku mengenal Amien Rais sebesar 83,1 persen. Namun dari mereka yang mengenal tersebut, hanya 57,2 persen yang nyatakan suka dengan sosok Amien Rais. Adapun mereka yang menyatakan mendengar imbauan Amien Rais hanya 9,4 persen," kata Peneliti LSI, Ikrama Masloman, di kantornya, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu, 14 November 2018.

Dijelaskan Ikrama, popularitas Amien Rais yang tinggi ini tidak sebanding dengan kekuatan pengaruhnya saat ini. Bahkan, ditekankan Ikrama, bila di-breakdown ke segmen pemilih NU, pengaruh Amien Rais lebih kecil lagi.

Amien Rais Ubah Singkatan MK: Majelis Khianat

"Segmen muslim NU adalah segmen terbesar pemilih muslim jika dilihat dari afiliasi organisasi keagamaannya. Di muslim NU, mereka yang menyatakan mendengar imbauan Amien Rais hanya 6,3 persen. Sementara 81,8 persen menyatakan tidak mendengar imbauan Amien Rais," kata Ikrama.

Diterangkan Ikrama, survei LSI Denny JA bertajuk Ulama dan Efek Elektoralnya ini dilakukan 10-19 Oktober dengan melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi. Wawancara dilakukan secara tatap muka memakai kuesioner kepada responden yang terpilih lewat metode multistage random sampling.

Partai Ummat Dukung Anies Baswedan dan Cak Imin di Pilpres 2024

Sementara Margin of error survei ini sebesar kurang lebih 2,8 persen. Dan biaya ditanggung sendiri oleh LSI.

Prabowo dan Amien Rais

Video Detik-detik Amien Rais Bertemu Prabowo, Rela Serobot hingga Cegat Demi Bisa Salaman

Saat rombongan Prabowo baru turun mobil tiba-tiba Amien Rais muncul dari balik tubuh ajudan Prabowo, Mayor Teddy. Amien Rais mengincar untuk bisa bersalaman dengan capres

img_title
VIVA.co.id
6 Maret 2024