Pemerintahannya Akan Adopsi Program Orde Baru, Ini Penjelasan Sandiaga

Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

VIVA – Calon Wakil Presiden RI, Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan maksud dari Ketua Dewan Pembina Partai Berkarya Titiek Soherto yang mengatakan bahwa Prabowo-Sandi akan meneruskan program kepemimpinan ayahnya Soeharto. Menurut Sandiaga, yang akan diteruskan dari era kepemimpinan Soeharto adalah saat di mana Indonesia mengalami kecukupan pangan.

Sandiaga Khawatir Gelombang Ketiga Corona yang Lebih Dahysat

"Yang menurut saya yang bisa kita adopsi swasembada pangan. Swasembada pangan, swasembada energi. Kita juga lihat zaman Pak Harto produksi beras kita baik, produksi bahan-bahan kita juga baik, itu bisa kita adopsi," kata Sandiaga di kawasan Blok M Jakarta Selatan, Kamis 15 November 2018

Selain itu, ada juga beberapa kebijakan era Orde Baru di bidang energi yang dianggap mampu mensejahterakan rakyat. Selain itu, pihaknya juga akan menekan impor dan menggalakkan ekspor.

Sandiaga Sarankan Khofifah-Risma 'Tidak Berpolitik' untuk Lawan Corona

"Ada juga kebijakan energi, produksi minyak dan gas bumi juga cukup tinggi dibanding sekarang dan juga program-program subtitusi impor. Karena sekarang rupiah lemah itu kan karena defisit perdagangan. Defisit perdagangan itu ekspor kita turun, impor kita naik. Nah itu nanti yang akan kita adopsi," ujarnya.

Sandiaga mengatakan, pihaknya akan mengadopsi segala program yang baik dari era kepemimpinan Soeharto. Saat ini program tersebut tengah dalam pemantapkan dalam visi-misi Prabowo-Sandi. Meski begitu, Sandiaga memastikan, visi-misinya masih tetap mengutamakan bidang ekonomi seperti, penciptaan lapangan kerja dan menurunkan harga bahan pangan.

Sebar Lokasi CFD, Sandiaga Sebut Kebijakan Tepat

Meski sebagian masyarakat ada yang takut dengan era Orde Baru, namun Sandi mengaku memiliki cara untuk mengatasi itu. Salah satu caranya adalah dengan memberikan pemahaman bahwa, saat ini Indonesia telah melewati masa itu dan sekarang Indonesia berada pada masa demokrasi.

"Ya kita sampaikan bahwa kita sudah melewati periode reformasi dengan sekarang demokrasi yang lebih baik, lebih banyak check and balance, lebih banyak masyarakat masyarakat sipil yang ikut partisipatif, kolaboratif, dan kita akan kawal demokrasi ini," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Dewan Pembina Partai Berkarya Titiek Soherto mengulas kembali pada zaman Orde Baru, di mana Indonesia pernah swasembada pangan. Titiek menyampaikan hal tersebut saat mengampanyekan Prabowo-Sandi di Cilegon. 

Menurut Titiek, keberhasilan swasembada itu sampai mendapat penghargaan internasional. Keberhasilan Orde Baru di bawah kepemimpinan Soeharto disebut akan kembali tercapai, jika Prabowo Subianto terpilih menjadi presiden.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya